Wajib Tahu! 5 Aplikasi Belajar Coding di Smartphone untuk Pemula!

Wajib Tahu! 5 Aplikasi Belajar Coding di Smartphone untuk Pemula!

Seiring dengan berkembangnya zaman, teknologi pun mengalami perkembangan yang sangat pesat, tak terkecuali juga dengan istilah bernama “coding.” Coding yang dulunya sering disematkan dengan istilah “sulit, dilakukan oleh profesional, dan memerlukan komputer yang canggih,” sekarang telah bertransformasi!

Dengan kecanggihan teknologi yang ada, belajar ngoding tak lagi memerlukan yang namanya komputer profesional untuk mendalami coding itu sendiri. Dengan hanya bermodal handphone saja, kamu sudah bisa belajar ngoding! Menarik sekali bukan?

Yang penasaran, yuk simak 5 aplikasi belajar coding di smartphone untuk pemula ini!

Programming Hub

Programming Hub (Sumber: programminghub.io)

Aplikasi Programming Hub menawarkan pembelajaran pemrograman dengan cara mudah, cepat dan menyenangkan. Programming Hub terbilang sangatlah menarik. Hal ini karena materi pembelajaran coding yang dihadirkan sangatlah beragam. Terdapat sekitar 1.800 program yang tersedia di aplikasi ini. Mulai dari Java, JavaScript, Python, C++, Scala, Julia, dan masih banyak lagi.

Dalam aplikasi ini juga terdapat berbagai kursus mengenai pembahasan seperti ethical hacking, app development, AI, hingga SEO. Semua itu dapat diakses melalui satu aplikasi yakni Programming Hub!

Grasshopper

Grasshopper (Sumber: grasshopper.app)

Grasshopper adalah aplikasi pembelajaran JavaScript yang dirancang oleh tim Code dengan Google. Aplikasi ini cocok banget bagi pemula karena materinya terfokus pada keterampilan belajar pemrograman seperti variabel, loop, dan function.

Selain itu, fitur penggunaanya juga gak ribet. Hanya ada mode drag dan drop yang sederhana. Sangat membantu bagi pemula, kan? Asyiknya lagi, pada setiap pembelajaran yang berhasil diselesaikan, kamu akan mendapatkan rewards berupa awards dan sertifikat.

SoloLearn

SoloLearn (Sumber: App Store)

SoloLearn adalah salah satu aplikasi yang dirancang khusus untuk belajar pemrograman. Menerapkan pembelajaran Learning and Practice. SoloLearn tak hanya mengajak kamu mempelajari dasar-dasar pada coding, namun terdapat pula kursus serta ratusan kuis yang harus kamu lewati pada setiap bab. Jika kamu lulus, maka kamu bisa melanjutkan ke bab selanjutnya.

SoloLearn menawarkan materi pembelajaran JavaScript, Python, SQL, HTML, CSS, Java, Swift, Ruby, dan masih banyak lagi. Solo Learn memiliki forum atau platform sosial yang memungkinkan kamu untuk membagikan hasil dari materi coding yang kamu pelajari. Buat kamu yang punya jiwa kompetitif, SoloLearn cocok untuk kamu, nih!

Mimo

Mimo (Sumber: getmimo.com)

Aplikasi Mimo ini memiliki visual yang lucu dan menarik dengan bertabur warna-warna memanjakan mata. Dengan aplikasi ini, kamu tak akan terasa penat saat belajar coding, malahan akan terasa seperti memainkan game.

Interface yang simpel sekaligus user-friendly, membuat aplikasi ini cocok untuk pemula yang ingin mendalami coding. Mimo menawarkan beberapa materi coding dan teknologi seperti Python, JavaScript, Java, HTML, CSS, SQL, Swift, Kotlin, C++, SQL, dan PHP.

Encode

Encode (Sumber: play.google.com)

App ini cocok bagi kamu yang masih awam di dunia coding. Aplikasi Encode ini pun telah menyediakan bahasa pemrograman seperti Javascript, web statis (Html dan Css), dan Python. Dengan tampilan yang simple, kamu bisa belajar coding dengan lebih gampang untuk dimengerti.

Belajar coding dewasa ini sudah tak sesulit yang dibayangkan lho, ada banyak cara yang menarik dan fun untuk mempelajari coding. Jika kamu tertarik mempelajari coding yang lebih profesional dan lebih mendalam lagi, kamu dapat mengikuti kursus ataupun mengikuti pendidikan formal seperti di INSTIKI.

Sebagai kampus IT terbaik dan kampus IT terpopuler di Bali, INSTIKI memiliki 2 program studi, salah satunya yakni Teknik Informatika yang telah terakreditasi Baik. Program studi ini cocok banget buat kamu yang ingin mendalami coding. Kuliah di Bali dengan mengenyam pendidikan Teknik Informatika akan terasa lebih bermutu dan fun apabila berkuliah di INSTIKI nih!

Program studi Teknik Informatika bisa dikatakan menjadi salah satu program studi yang lulusannya paling banyak diincar perusahaan-perusahaan besar lho. Ini merupakan prospek yang sangat menjanjikan bagi kamu penyuka “teknologi” dan ingin berkarir di bidang IT!

INSTIKI yang terdahulu dikenal dengan STIKI Indonesia, kini telah bertransformasi menjadi Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI). INSTIKI adalah kampus IT, bisnis, dan desain terbaik di Bali dan Nusa Tenggara yang terakreditasi nasional dan tersertifikasi internasional.

INSTIKI adalah kampus swasta di Bali yang membuka 4 program studi unggulan yakni Teknik Informatika, Sistem Komputer, Desain Komunikasi Visual, dan Bisnis Digital. Biaya kuliah di INSTIKI sangatlah terjangkau! Tertarik untuk kuliah di Bali alias melanjutkan studi di INSTIKI? Dapatkan informasi lebih lengkap tentang INSTIKI dan jurusan INSTIKI dengan mengakses https://instiki.ac.id/apply-now/

Penulis: Ni Made Padmawati (Humas INSTIKI)

PENGUMUMAN LAINNYA