Tumbuhkan Minat Literasi Digital di Tengah Pandemi, UKM Literasi Gelar Webinar Nasional

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Literasi STIKI Indonesia sukses melaksanakan webinar nasional bertajuk “Menumbuhkan Minat Generasi Milenial Terhadap Literasi Digital di Masa Pandemi COVID-19” pada Sabtu (27/11/2021). Webinar ini dihadiri 186 peserta secara online melalui platform Zoom Meetings.

Webinar nasional kali ini mengundang seorang narasumber yang berprofesi sebagai Professional MC dan Presenter Bali TV, I Wayan Epa Jayantika. Pada kesempatan ini, ia memaparkan bahwa literasi adalah salah satu kegiatan sehari-hari yang berperan sangat penting terutama di era serba digital saat ini.

“Teman-teman, angka pengguna internet di Indonesia saat ini termasuk salah satu yang tertinggi di dunia. Tetapi kesenjangan talenta digital di Indonesia saat ini juga masih sangat besar, salah satunya karena fasilitas internet saat ini belum tersebar secara merata,” ujarnya.

7 (1)
Webinar Nasional “Menumbuhkan Minat Generasi Milenial Terhadap Literasi Digital di Masa Pandemi COVID-19”

Selanjutnya, Epa – begitu ia akrab disapa – turut berbagi pengalaman terhadap pentingnya literasi di bidang yang saat ini ia tekuni, yaitu presenter dan MC. Ia pun menambahkan bahwa semakin sering kita melakukan literasi, semakin luas wawasan yang kita miliki untuk membantu kita menemukan karir di jenjang selanjutnya. “Literasi digital itu ada banyak sekali jenisnya, bukan hanya kegiatan baca tulis. Memberikan narasi, membuat caption, atau membuat konten untuk media sosial yang informatif itu juga termasuk literasi digital. Bahkan public speaking itu termasuk literasi juga lho,” jelas Epa.

Selain itu, Epa juga menjelaskan bahwa literasi digital saat ini sangat dibutuhkan untuk melindungi diri kita dari derasnya arus informasi di internet dan juga ancaman cybercrime. Menjelang akhir acara, ia berpesan bahwa era digital ini menghasilkan banyak kesempatan yang dapat kita manfaatkan untuk menambah literasi digital kita.

Sementara itu, Ibu Ayu Gede Willdahlia sebagai Wakil Ketua III STIKI Indonesia dalam sambutannya mengapresiasi UKM Literasi yang walaupun termasuk salah satu UKM yang terbilang baru, namun sudah banyak sekali mengadakan kegiatan. “Kegiatan-kegiatan dari UKM Literasi semuanya bertujuan untuk menumbuhkan literasi antar seluruh kalangan di kampus. Memang literasi digital saat ini sangat penting, karena kegiatan kita saat ini hampir semuanya serba digital,” ungkapnya.

5
Webinar Nasional “Menumbuhkan Minat Generasi Milenial Terhadap Literasi Digital di Masa Pandemi COVID-19”

Putu Agus Hendrawan selaku ketua panitia Webinar Nasional UKM Literasi STIKI Indonesia merasa bersyukur karena acara ini dapat berjalan dengan lancar dan semua kendala yang dihadapi dapat diatasi berkat koordinasi yang aktif antar panitia.

“Kami melihat di zaman sekarang, para kaum muda sudah sangat kurang dalam berliterasi. Sekarang literasi bukan hanya dilakukan secara manual, namun juga ada yang namanya literasi digital. Kami berusaha untuk membangkitkan kembali kemampuan literasi antar anak muda,” ungkapnya.

Menurutnya, antusias peserta dalam mengikuti webinar juga terbilang besar. “Tujuan dari webinar ini agar seluruh peserta dapat lebih mengembangkan budaya berliterasi. Saat ini literasi tersedia dalam berbagai bentuk, jadi mereka dapat mengembangkan kebiasaan berliterasi dengan cara yang sesuai dengan zaman yang penuh dengan teknologi seperti saat ini, karena literasi digital sangat penting bagi mereka,” ujarnya.

INSTIKI yang terdahulu dikenal dengan STIKI Indonesia, kini telah bertransformasi menjadi Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI) per 2 Februari 2022. INSTIKI adalah kampus IT, bisnis, dan desain terbaik di Bali dan Nusa Tenggara yang terakreditasi nasional dan tersertifikasi internasional.

INSTIKI adalah kampus swasta di Bali yang memiliki 4 program studi unggulan yakni Teknik Informatika, Sistem Komputer, Desain Komunikasi Visual, dan Jurusan Manajemen Bisnis Program Studi Bisnis Digital. Biaya kuliah di INSTIKI sangatlah terjangkau! Tertarik untuk kuliah di Bali alias melanjutkan studi di INSTIKI? Di INSTIKI, kamu juga bisa Kuliah sambil Kerja di Bali lho! Temukan informasi menarik dan terkini lainnya hanya di Website INSTIKI.

PENGUMUMAN LAINNYA