Selain Gaji, Apa yang Membuat Karyawan Betah di Kantor?

Selain Gaji, Apa yang Membuat Karyawan Betah di Kantor?

Setiap karyawan pasti ingin mendapatkan pekerjaan yang nyaman dan tentu gaji yang diharapkan. Namun, perlu disadari bahwa dalam pekerjaan tidak selalu mengutamakan tentang gaji semata. Gaji yang layak belum menjamin seorang karyawan dapat betah di kantor. Pada akhirnya karyawan memilih resign dan bekerja di perusahaan lain yang dianggap memberikan kenyamanan.

Kamu pasti pernah mendengar ada seorang karyawan yang bisa mengabdi di satu perusahaan hingga bertahun-tahun bahkan berpuluh-puluh tahun karena nyaman dengan tempatnya bekerja. Nah, sebenarnya apa saja yang bisa membuat seorang karyawan betah bekerja di satu tempat selain gaji? Simak uraiannya berikut ini:

Atasan yang paham kondisi

Semua karyawan pasti mendambakan memiliki atasan yang baik. Namun, baik saja sebenarnya tidak cukup. Hal terpenting yang perlu dipahami adalah bagaimana seorang atasan dapat mengerti tentang kondisi bawahannya.

Sebagai contoh, apakah atasan dapat mengerti kondisi bawahan yang tidak suka bekerja terikat dengan waktu misalnya. Atasan yang tepat seharusnya tidak mengekang bawahannya untuk selalu datang ke kantor.

Prinsipnya adalah bagaimana seorang atasan dapat memberikan kepercayaan ke bawahannya apabila tidak perlu datang ke kantor namun pekerjaan dapat diselesaikan. Atasan yang bisa membuat nyaman bawahan adalah dengan tidak memberikan pekerjaan atau mengirim pesan membahas pekerjaan di luar jam kantor. Atasan yang tepat seharusnya sadar betul bahwa tidak harus menghubungi bawahan saat malam hari atau saat hari libur.

Lingkungan kerja yang nyaman

Lingkungan kerja yang nyaman dapat membuat karyawan betah di kantor. Lingkungan yang nyaman meliputi dari suasana kantor yang nyaman dengan fasilitas yang bisa menunjang produktivitas karyawan. Hal ini bisa menambah rasa nyaman seorang karyawan bekerja di kantor tersebut.

Teman kerja yang menyenangkan

Selain atasan yang mengerti kondisi bawahan dan lingkungan yang nyaman, hal lain yang bisa membuat bawahan betah di kantor adalah teman kerja yang menyenangkan. Teman kerja yang menyenangkan bukan sekadar rekan kerja yang riang pintar menghidupkan suasana menjadi ramai.

Namun, teman kerja yang menyenangkan adalah teman yang mudah diajak koordinasi dalam konteks mengerjakan pekerjaan. Teman yang menyenangkan juga dapat mengerti kondisi dengan tidak suka meminta terlalu sering membantu pekerjaannya. Teman menyenangkan adalah teman yang mengerti bahwa semua karyawan juga memiliki pekerjaan sehingga tidak harus selalu minta tolong.

Paling penting adalah sebenarnya memiliki atasan yang bisa mengerti segala kondisi bawahannya. Apabila kamu tidak memiliki atasan yang diharapkan dapat di diskusikan dengan atasanmu tersebut. Sebaiknya kamu berani menyampaikan keluh kesahmu kepada atasan tidak sekadar mengeluh. Salah satu cara untuk berani mengungkap keluhan adalah dengan mencoba menjadi orang yang berani. Selain itu, kamu perlu memiliki skill komunikasi yang baik.

Skill komunikasi adalah salah satu soft skill yang harus kamu kuasai. Menguasai soft skill salah satu manfaatnya adalah memperkuat mental. Mental berani, rajin dan pantang menyerah terlihat dari konsistensi yang ada. Kalau kamu rutin mengasahnya, kamu juga akan semakin unggul dari yang lain meskipun kamu punya hard skill yang sama dengan yang lain. Kamu pun juga akan lebih siap untuk bersaing di dunia kerja atau dalam mengejar mimpimu.

Maka dari itu, sangat penting bagi kamu yang masih sekolah untuk mengasah kemampuan soft skill. Perkembangan teknologi dan ekonomi digital yang semakin pesat saat ini tentu tidak hanya dibutuhkan hard skill semata. Menguasai soft skill berarti setiap orang diminta dapat memiliki kemampuan kerja yang berkualitas.

iCIMS Hiring Insights (2017) menemukan bahwa “94 persen dari perekrut profesional percaya bahwa seorang karyawan dengan soft skill yang lebih kuat memiliki kesempatan yang lebih baik untuk dipromosikan ke posisi kepemimpinan daripada seorang karyawan dengan pengalaman bertahun-tahun tetapi soft skill-nya yang lemah.”

Menjadi begitu penting bagi kamu yang ingin melanjutkan jenjang pendidikan ke bangku kuliah ada baiknya tak hanya fokus dalam mengasah kemampuan hard skill. Sebab, saat telah lulus kamu akan dihadapkan pada dunia kerja. Bayangkan kamu seorang lulusan terbaik tetapi tidak dapat berkomunikasi dengan baik maka kamu akan melewatkan kesempatan untuk bekerja di kantor yang kamu harapkan. Kenyataannya memang seperti itu, perekrut kerja cenderung melihat pula keseimbangan antara hard skill dan soft skill para pelamar kerja.

Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI) yang merupakan kampus swasta di Bali memiliki kesadaran bahwa hard skill dan soft skill memang harus dimiliki oleh tiap mahasiswa. Bagi kamu yang ingin kuliah harus tahu bahwa kurikulum INSTIKI yang merupakan kampus IT terbaik dan populer di Bali ini menonjolkan soft skill untuk menunjang kemampuan business communication yang semakin dibutuhkan di era global.

Selain mengedepankan kurikulum yang berimbang antara hard skill dan soft skill, STIKI Indonesia yang merupakan Kampus IT Terpopuler di Bali ini juga memiliki kurikulum yang mengedepankan pula kurikulum berbasis budaya khususnya budaya Bali. Sangat cocok bagi kamu yang tidak tinggal di Bali dan berniat kuliah di Bali bisa sekaligus mempelajari budaya Bali yang terkenal ke pesohor dunia tersebut.

INSTIKI yang dahulunya dikenal dengan nama STIKI Indonesia, kini telah bertransformasi menjadi Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI). INSTIKI adalah kampus IT, bisnis, dan desain terbaik di Bali dan Nusa Tenggara yang terakreditasi nasional dan tersertifikasi internasional.

INSTIKI adalah kampus swasta di Bali yang membuka 4 program studi unggulan yakni Teknik Informatika, Sistem Komputer, Desain Komunikasi Visual, dan Bisnis Digital. Biaya kuliah di INSTIKI sangatlah terjangkau! Tertarik untuk kuliah di Bali alias melanjutkan studi di INSTIKI? Dapatkan informasi lebih lengkap tentang INSTIKI dan jurusan INSTIKI dengan mengakses https://instiki.ac.id/apply-now/

PENGUMUMAN LAINNYA