Tips Belajar Fotografi Kamera HP: Mudah Banget!

Tips Belajar Fotografi Kamera HP: Mudah Banget! (Gambar: Zingst.de)

Ada sejumlah alasan kenapa orang banyak lebih suka mengambil foto melalui kamera handphone dibandingkan kamera profesional. HP merupakan perangkat wajib yang dibawa oleh siapa pun kemana-mana. Setelah itu, kamera HP setiap tahunnya mengalami peningkatan drastis dari sisi software, hardware serta teknologi yang membuat kualitas foto yang dihasilkan.

Harga kamera profesional terbilang mahal dan penggunaannya tidak mudah sehingga membuat banyak orang lebih sering mengambil foto dengan kamera HP. Nah, buat kamu yang ingin belajar mengambil foto dengan kamera HP berikut ini ada sejumlah tips yang bisa dicoba. Berikut uraian tips memotret dengan kamera HP seperti dikutip dari kamerashot.com:

Pahami HP sesuai kemampuan

Sebelum kamu belajar tentang teknik fotografi dengan kamera HP ada baiknya kamu harus tahu dulu HP sesuai kemampuannya sekaligus jangan sampai terjebak dengan HP yang lebih mahal belum tentu berbanding lurus dengan kualitas kameranya. Jangan pula tergoda dengan ukuran megapixels besar karena megapixels bukan patokan kualitas foto sebab hanya gimmick dari produsen HP semata.

Pahami komposisi

Salah satu faktor keindahan sebuah foto adalah komposisi foto yang tepat. Oleh sebab itu, sangat penting mengenai komposisi fotografi. Penjelasan lebih lengkap tentang komposisi fotografi bisa disimak di link berikut ini: Komposisi foto

Pastikan cahaya yang menerangi objek

Minimnya cahaya akan berimbas pada foto yang terlihat berbintik dan buram atau istilahnya noise. Usahakan lokasi pengambilan foto tersedia cahaya yang cukup. Nyalakan lampu jika ada atau buka jendela agar sinar matahari bisa leluasa masuk ke dalam ruangan.

Jangan gunakan digital zoom

Tips penting untuk fotografi kamera HP adalah jangan gunakan digital zoom untuk memotret. Digital zoom sebenarnya zoom bohong-bohongan yang merupakan fitur gimmick dari produsen kamera. Digital zoom “memaksa” objek mendekat dengan cara memperbesar foto secara digital, hasilnya foto bakal buram dan pecah. Berbeda dengan optical zoom, foto diperbesar menggunakan mekanisme optic yang ada di lensa hasilnya foto tetap bagus dan tidak pecah.

Pada kondisi tertentu gunakan HDR

HDR (High Dynamic Range) adalah ada perbedaan tingkat kecerahan yang jauh antara bagian yang terang dan bagian yang gelap. Seperti pada contoh gambar, bagian pohon dan pagar jauh lebih gelap dibandingkan langit dan atap-atap rumah ini yang dinamakan HDR.

Pemotretan dengan mode standar hasil didapat bakal seperti gambar sebelah kanan di atas sementara jika mode HDR diaktifkan. Maka perbedaan gelap terang foto bisa diminimalisir sehingga hasilnya akan lebih detail seperti gambar sebelah kiri. Mode ini biasanya juga dapat dicoba saat memotret sunset atau sunrise.

Pahami Shutter lag

Processor DSLR dirancang bisa secepat kilat mengambil dan memproses foto sesaat setelah tombol shutter ditekan, sementara kamera HP memiliki apa yang disebut dengan shutter lag, yaitu waktu jeda antara tombol shutter mulai ditekan hingga kamera mulai mengambil dan memproses foto.

Waktu jeda ini disebabkan karena kemampuan prosesor HP yang memang dirancang bukan sepenuhnya untuk melakukan pengambilan foto secara cepat. Karena alasan inilah, kenali waktu jeda dan usahakan tangan kamu tetap stabil dan tidak bergerak sesaat setelah tombol shutter ditekan hingga file foto terbentuk.

Pahami semua mode exposure yang ada

Kamera HP dibekali beberapa mode exposure sesuai dengan tujuan apa yang akan kamu potret. Berikut penjelasan sejumlah mode exposure yang ada di kamera HP. Semoga membantu bagi kamu yang sedang belajar fotografi bahkan yang bercita-cita menjadi seorang fotografer. Terus belajar adalah kunci untuk bisa menguasai fotografi termasuk untuk belajar hal apa pun.

Salah satu tips untuk belajar adalah dengan bergaul dengan orang-orang yang memiliki minat yang sama. Apabila kamu sedang kuliah bisa ikut dalam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) sebagai wadah menyalurkan hobi sekaligus memupuk jiwa organisasimu. Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI) yang merupakan Kampus IT di Bali memiliki 35 UKM yang bisa menjadi wadah bagi mahasiswa untuk minat dan bakat mahasiswa.

UKM fotografi yang ada di Kampus Swasta di Bali ini adalah INSTIKI Photography Community (SPC). UKM SPC secara rutin menggelar hunting foto bersama dan workshop photography. UKM di INSTIKI Indonesia yang merupakan Kampus IT Terpopuler di Bali ini sangat beragam sehingga kamu bisa memilih sesuai bakat dan minatmu. Menarik bukan? Bagi kamu yang masih bingung kuliah di mana bisa mempertimbangkan untuk bergabung menjadi bagian dari kampus yang memiliki semangat “Menjadi dan Memberi” ini. Kamu bisa simak di link berikut ini: https://instiki.ac.id/

INSTIKI merupakan Kampus IT di Bali namun memiliki kurikulum yang juga fokus pada pelestarian budaya Bali. Nah, bagi kamu yang sering berlibur ke Bali pasti sudah sering melihat budaya Bali yang terkenal memiliki keunikan hingga ke penjuru dunia. Nah, buat kamu yang tidak tinggal di Bali dan berencana kuliah di Bali bisa sekaligus dapat mempelajari budaya Bali. Sambil menyelam minum air!

INSTIKI yang terdahulu dikenal dengan STIKI Indonesia, kini telah bertransformasi menjadi Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI). INSTIKI adalah kampus IT, bisnis, dan desain terbaik di Bali dan Nusa Tenggara yang terakreditasi nasional dan tersertifikasi internasional.

INSTIKI adalah kampus swasta di Bali yang membuka 4 program studi unggulan yakni Teknik Informatika, Sistem Komputer, Desain Komunikasi Visual, dan Bisnis Digital. Biaya kuliah di INSTIKI sangatlah terjangkau! Tertarik untuk kuliah di Bali alias melanjutkan studi di INSTIKI? Dapatkan informasi lebih lengkap tentang INSTIKI dan jurusan INSTIKI dengan mengakses https://instiki.ac.id/apply-now/

PENGUMUMAN LAINNYA