Microsoft Azure: Masa Depan Cloud?

Microsoft Azure: Masa Depan Cloud (Gambar: focustsi.com)

Microsoft Azure adalah salah satu cloud service yang fleksibel dan juga serbaguna. Maka tak heran banyak menjadi pilihan perusahaan untuk kebutuhan utama. Setiap tools dan juga layanan yang ditawarkan di dalamnya sangat kompatibel untuk seluruh jenis teknologi yang bersifat open source. Keunggulan tersebut mampu memberikan suatu fleksibilitas untuk menggunakan tools dan juga teknologi yang dipilih oleh penggunanya.

Dengan keunggulan tersebut, banyak yang memprediksi Microsoft Azure akan menjadi masa depan dari layanan cloud. Laman resmi Microsoft, menjelaskan Microsoft Azure adalah suatu layanan cloud computing publik yang dibuat secara khusus oleh perusahaan Microsoft. Aplikasi ini mampu memberikan berbagai layanan cloud, seperti tools analysis, networking sampai ruang penyimpanan data.

Setiap penggunanya bisa memilih untuk mengembangkan dan juga menskalakan lebih lanjut tentang aplikasi baru, ataupun menjalankan aplikasi yang sudah ada pada cloud publik dari Microsoft Azure ini. Tujuan dibuatnya Microsoft Azure adalah agar bisa membantu setiap pebisnis dalam mengelola berbagai tantangan dan membantu mereka dalam mencapai tujuan bisnisnya.

Untuk itu, aplikasi ini mampu menawarkan berbagai macam tools yang mampu mendukung kepentingan seluruh lini industri, seperti finansial, e-commerce, sampai berbagai jenis perusahaan Fortune 500. Lebih uniknya lagi, setiap tools dan juga layanan yang ditawarkan di dalamnya sangat kompatibel untuk seluruh jenis teknologi yang bersifat open source. Keunggulan tersebut mampu memberikan suatu fleksibilitas untuk menggunakan tools dan juga teknologi yang dipilih oleh setiap pengguna.

Lebih dari itu, Microsoft Azure juga mampu menawarkan empat jenis komputasi yang berbeda-beda, mulai dari IaaS (infrastructure as a service), PaaS (Platform as a service), SaaS (software as a service), sampai layanan tanpa server.

Microsoft Azure mengenakan biaya untuk para pengguna Azure dengan dasar pay-as-you-go. Artinya, pelanggan hanya akan menerima tagihan untuk sumber daya yang memang sudah mereka gunakan saja.

Setelah mengetahui apa itu Microsoft Azure tentu kamu perlu tahu apa saja manfaat yang bisa didapatkan saat kamu memilih Microsoft Azure. Berikut uraiannya dikutip dari accurate.id:

Menerapkan backup data dan rencana pemulihan pasca krisis

Dilansir laman CCB Technology, Microsoft Azure adalah tools terbaik yang mampu melakukan backup berbagai data penting dan juga pemulihan pasca krisis. Alasannya aplikasi ini sudah sangat fleksibel untuk bisa merencanakan pemulihan situs lebih lanjut.

Microsoft Azure mampu melakukan backup data penting perusahaan dengan dukungan hampir seluruh bahasa yang ada di dunia. Pengguna juga bisa menentukan tingkat frekuensi dan juga jadwal backup data dari mereka. Kemampuan ini tidak semua layanan cloud memilikinya.

Bisa dijadikan sebagai hosting dan mengembangkan aplikasi

Aplikasi ini mampu menyediakan solusi untuk perusahaan yang memang sedang mencari platform hosting, mengembangkan ataupun mengelola website maupun software. Microsoft Azure bisa menjadi aplikasi pilihan para developer dan menjadi salah satu tools yang bersifat otonom dan juga adaptif dengan adanya manajemen AutoScale, patch dan juga sistem yang terintegrasi.

Oleh sebab itu, perusahaan bisa lebih hemat waktu dalam mengelola infrastrukturnya dan bisa lebih fokus lagi dalam mengembangkan aplikasi mereka. Microsoft Azure hadir dalam bentuk sistem deployment support berupa suatu layanan yang mampu membantu para developer dalam menyederhanakan proses update code.

Berinovasi dengan solusi industri IoT

Dilansir laman Tech Target, manfaat selanjutnya dari menggunakan Microsoft Azure adalah perusahaan bisa lebih berinovasi dengan solusi industri Internet of Things (IoT).

Setiap analisis bisa disambungkan dengan berbagai perangkat mereka ke cloud menggunakan solusi yang sudah terintegrasi dengan infrastruktur yang memang telah ada sebelumnya.

Setelahnya, para analis bisa mulai mengumpulkan data baru yang berhubungan dengan perusahaan mereka. Di dalam Azure IoT Hub, setiap analis bisa mengelola dan juga memantau ribuan hingga miliaran perangkat dan bisa memperoleh informasi yang baik untuk para stakeholder dalam membuat keputusan bisnis yang tepat.

Layanan ini juga mampu meningkatkan kualitas pengalaman pengguna, meminimalisir risiko kompleksitas sistem, lebih hemat biaya, dan juga mampu mempercepat proses pengembangan.

Kamu pasti bertanya-tanya bagaimana tentang keamanan Microsoft Azure? Terkait hal ini dianggap tidak perlu diragukan lagi terkait proteksi atau pun privasi dari penggunanya. Hal ini tentu sangat penting dalam kegiatan yang dilakukan di dunia digital.

Kamu akan mempercayakan data berharga kamu pada cloud computing yang sangat rentan terjadi serangan peretasan. Data center yang sudah mereka sediakan terbukti sudah aman karena didukung dengan kontrol yang sangat ketat.

Sangat penting bagi kamu yang ingin bergelut di bidang teknologi informasi untuk tahu seluk beluk dunia cloud computing. Apalagi kamu perlu tahu cloud engineer adalah pekerjaan yang memiliki prospek tinggi.

Menurut dice.com, lowongan di dunia cloud computing mencapai 4.000 lebih yang tersedia. Dice juga menyebut jika kini dunia software engineer memang tengah beralih ke cloud.

Oleh sebab itu, sangat penting bagi kamu untuk bisa mempersiapkan masa depan yang sesuai dengan perkembangan zaman. Bagi kamu yang ingin menjadi developer tentu membutuhkan tempat belajar yang tepat untuk membantu memupuk masa depanmu.

Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI) merupakan Kampus IT terbaik di Bali yang memiliki program studi Teknik Informatika sehingga sangat tepat menjadi pilihan bagi kamu yang ingin menjadi seorang developer.

INSTIKI yang merupakan kampus swasta di Bali juga memiliki program studi Sistem Komputer. Maka sangat cocok bagi kamu yang ingin berkarir di dunia teknologi informasi.

INSTIKI yang terdahulu dikenal dengan STIKI Indonesia, kini telah bertransformasi menjadi Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI). INSTIKI adalah kampus IT, bisnis, dan desain terbaik di Bali dan Nusa Tenggara yang terakreditasi nasional dan tersertifikasi internasional.

INSTIKI adalah kampus swasta di Bali yang membuka 4 program studi unggulan yakni Teknik Informatika, Sistem Komputer, Desain Komunikasi Visual, dan Bisnis Digital. Biaya kuliah di INSTIKI sangatlah terjangkau! Tertarik untuk kuliah di Bali alias melanjutkan studi di INSTIKI? Dapatkan informasi lebih lengkap tentang INSTIKI dan jurusan INSTIKI dengan mengakses https://instiki.ac.id/apply-now/

PENGUMUMAN LAINNYA