Intip Penampakan Web Pertama di Dunia!

Intip Penampakan Web Pertama di Dunia (Gambar: kompas.com)

Bagi kamu seorang web developer yang sedang meniti karir tentu perlu tahu perkembangan tren website dari tahun ke tahun. Sebelum mempelajari tren website ada baiknya kamu perlu tengok penampakan website pertama yang diluncurkan.

Tim Berners-Lee dikenal sebagai penemu World Wide Web atau Waring Wera Wanua (WWW) pada 6 Agustus 1991. Dilansir suara.com, pada 1980-an, Tim Berners-Lee merasa frustasi melihat cara informasi dibagikan dan disimpan di Organisasi Eropa untuk Riset Nuklir (CERN).

Dia memperhatikan selain didistribusikan secara tidak efisien dan informasi hilang di organisasi sebagian besar karena pergantian staf. Detail teknis dari proyek-proyek lama terkadang bisa hilang selamanya atau harus dipulihkan melalui penyelidikan yang panjang jika terjadi keadaan darurat.

Divisi CERN yang berbeda menggunakan perangkat lunak yang ditulis dalam berbagai bahasa pemrograman pada sistem operasi yang berbeda, membuat transfer pengetahuan menjadi rumit dan memakan waktu. Berangkat dari hal ini, ia memiliki saran yang pada akhirnya mengubah dunia.

Tim Berners-Lee mengajukan proposal kepada CERN dengan judul Information Management: A Proposal. Proposal ini berisi proyek yang berbasiskan konsep hiperteks untuk memfasilitasi pembagian dan pembaharuan informasi di antara para peneliti dan semua orang dapat mengaksesnya.

Sistem ini memungkinkan orang menerbitkan dan membaca informasi di komputer apa pun yang menjadi cikal bakal dari World Wide Web. Halaman web pertama kemudian ditayangkan pada 6 Agustus 1991 dan sebagian besar pengguna media sosial memperingatinya dengan menyebarkan tautan ke halaman web pertama.

Halaman ini dapat diakses oleh siapapun dan dalam platform apapun. Setelah mengklik tautannya, pengguna akan disambut dengan tampilan halaman yang lebih sederhana jika dibandingkan dengan halaman web saat sekarang.

Web tadi memberikan gambaran seperti apa tampilan halaman web pertama dan merupakan catatan paling awal yang sejauh ini dimiliki tentang halaman web pertama yang diambil pada 1992. Sehingga mungkin tidak ada yang tahu seperti apa halaman web sebenarnya yang ditampilkan pada Agustus 1991.

Meskipun sebagian besar orang tahu ketika World Wide Web pertama kali diluncurkan berisi tentang penjelasan tentang proyek itu sendiri, hiperteks dan cara membuat halaman web, halaman pertama dari sistem yang dirancang untuk mencegah informasi ironisnya telah hilang.

Mungkin pada saat itu, Tim Berners-Lee terlalu sibuk untuk meyakinkan rekan-rekannya tentang fungsi sistem itu sendiri dan tidak menyadari nilai penemuan dan melakukan pengarsipan pada saat itu.

“Tim pada saat itu tidak tahu betapa istimewanya ini, jadi mereka tidak berpikir untuk menyimpan salinannya, bukan?” kata Dan Noyes, yang menjalankan situs web CERN yang jauh lebih besar pada 2013, seperti dikutip dari IFL Science.

Noyes percaya inkarnasi pertama dari halaman web pertama di dunia masih ada di suatu tempat. Arsip dari halaman web 1992 sendiri diambil dari salinan seluruh situs web dalam floppy disk di mesin Tim Berners-Lee.

Semoga informasi tersebut dapat menambah wawasan bagi kamu yang tengah menggeluti web programming. Bermanfaat pula bagi kamu yang sedang ingin merintis di bidang yang sedang dibutuhkan di era teknologi informasi ini.

Setiap perusahaan tentu membutuhkan orang-orang yang memiliki skill ‘mengurus’ websitenya. Kamu perlu mempertimbangkan untuk memiliki profesi sebagai pengembang website.

Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI) yang merupakan kampus IT di Bali memiliki program studi Teknik Informatika yang siap membantumu dalam mewujudkan cita-cita menjadi seorang pengembang website maupun profesional IT di bidang lainnya.

INSTIKI yang merupakan kampus swasta terbaik di Bali juga memiliki program studi Sistem Komputer. Oleh sebab itu, sangat cocok bagi kamu yang ingin menjadi profesional di bidang IT. 

Ingin mendapatkan informasi lain seputar dunia perkuliahan? Dapatkan informasi lebih lengkap seputar dunia perkuliahan dan INSTIKI dengan mengakses https://instiki.ac.id/

INSTIKI yang terdahulu dikenal dengan STIKI Indonesia, kini telah bertransformasi menjadi Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI). INSTIKI adalah kampus IT, bisnis, dan desain terbaik di Bali dan Nusa Tenggara yang terakreditasi nasional dan tersertifikasi internasional.

INSTIKI adalah kampus swasta di Bali yang membuka 4 program studi unggulan yakni Teknik Informatika, Sistem Komputer, Desain Komunikasi Visual, dan Bisnis Digital. Biaya kuliah di INSTIKI sangatlah terjangkau! Tertarik untuk kuliah di Bali alias melanjutkan studi di INSTIKI? Tunggu apalagi mari bergabung menjadi bagian dari INSTIKI yang merupakan Kampus IT Terpopuler di Bali via link https://instiki.ac.id/apply-now/

PENGUMUMAN LAINNYA