Codelgniter: Framework Basis PHP Pilihan Web Developer

Codelgniter: Framework Basis PHP Pilihan Web Developer

Codelgniter dianggap memudahkan pengembang web untuk membuat aplikasi web dengan cepat dan mudah dibandingkan dengan membuatnya dari awal. Dikutip dari wikipedia, Codelgniter dirilis pertama kali pada 28 Februari 2006 dan merupakan aplikasi sumber terbuka yang berupa kerangka kerja PHP dengan model MVC (Model, View, Controller) untuk membangun situs web dinamis dengan menggunakan PHP.

Codelgniter merupakan framework yang paling banyak digunakan oleh web developer untuk membangun sebuah aplikasi berbasis website apalagi bersifat free alias tidak berbayar.

Seperti dikutip dari techfor.id, CodeIgniter mengikuti pola kode MVC, sehingga kamu dapat membagi kode kode menjadi 3 bagian yang diberikan di bawah ini:

M => Model // Semua panggilan yang berhubungan dengan Database akan ditentukan di sini, seperti pengambilan data, Insert, Delete dan Update Data.

V => View // Sesuai Namanya, View hanya tampilan yang biasa disebut HTML. Semua data terkait dengan View (html) akan ditentukan di sini.

C => Controller // Merupakan jembatan antara model dan view. Ketika kamu mencari sesuatu di browser web. Hal tersebut akan langsung menuju ke controller dan controller menggunakan Model dan view untuk menampilkan hasil yang sesuai.

Framework memudahkan programmer karena didalamnya ada begitu banyak Libraries yang serupa, kamu bisa menggunakan dan mendapatkan hasil spesifik sesuai apa yang kamu mau. Ada ribuan orang yang telah menguji dan menggunakan Framework, sehingga kamu dapat mempercayai kerangka tersebut.

CodeIgniter dikembangkan pertama kali oleh Rick Ellis pada tahun 2006 dengan logo api yang menyala. Logo tersebut mengartikan bahwa codeigniter dengan cepat “membakar” semangat para web developer dalam membangun website yang cepat dan dinamis.

Framework memudahkan programmer karena didalamnya ada begitu banyak Libraries yang serupa, kamu bisa menggunakan dan mendapatkan hasil spesifik sesuai apa yang kamu mau. Ada ribuan orang yang telah menguji dan menggunakan Framework, sehingga kamu dapat mempercayai kerangka tersebut.

Fitur-Fitur CodeIgniter

  • Framework berbasis Model-View-Controller (MVC)
  • Support terhadap mayoritas jenis Database
  • Mendukung Query Builder
  • Bersifat Independent
  • Validasi Form dan Data
  • Session Management
  • Mengamankan website dari XSS (Cross site scripting)
  • File Uploading class

Keuntungan CodeIgniter

  • Cepat, Ringan, dan dapat diandalkan
  • Codeigniter adalah cara paling mudah untuk memanfaatkan program modular
  • PHP Codeigniter kompatibel dengan sebagian besar server web, berbagai sistem operasi dan platform.
  • Dapat digunakan di banyak sistem manajemen database
  • CodeIgniter memiliki bahasa program yang sama dengan yang digunakan pada website
  • Memiliki komunitas besar, jadi kamu bisa dengan mudah mencari informasi ketika mengalami kesulitan di CodeIgniter
  • Kompatibel dengan berbagai jenis database
  • Ramah pemula dengan menghadirkan dokumentasi User_Guide

Semoga membantu bagi kamu yang ingin memilih karir sebagai seorang Web Developer. Menjadi seorang web developer sangat tepat di era teknologi informasi yang berkembang begitu pesat.

Setiap perusahaan tentu membutuhkan orang-orang yang memiliki skill ‘mengurus’ websitenya. Kamu perlu mempertimbangkan untuk memiliki profesi sebagai pengembang website.

Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI) yang merupakan kampus IT terbaik di Bali memiliki program studi Teknik Informatika yang siap membantumu dalam mewujudkan cita-cita menjadi seorang pengembang website maupun profesional IT di bidang lainnya.

INSTIKI yang merupakan kampus swasta di Bali juga memiliki program studi Sistem Komputer. Oleh sebab itu, sangat cocok bagi kamu yang ingin menjadi profesional di bidang IT. Tunggu apalagi mari bergabung menjadi bagian dari INSTIKI yang merupakan Kampus IT Terpopuler di Bali. 

INSTIKI adalah kampus swasta di Bali yang membuka 4 program studi unggulan yakni Teknik Informatika, Sistem Komputer, Desain Komunikasi Visual, dan Bisnis Digital. Biaya kuliah di INSTIKI sangatlah terjangkau! Tertarik untuk kuliah di Bali alias melanjutkan studi di INSTIKI? Dapatkan informasi lebih lengkap tentang INSTIKI dan jurusan INSTIKI dengan mengakses https://instiki.ac.id/apply-now/

PENGUMUMAN LAINNYA