Tahukah Kamu Sektor Informatika & Komunikasi Tumbuh Tertinggi di Indonesia?

Tahukah Kamu Sektor Informatika & Komunikasi Tumbuh Tertinggi di Indonesia?

Sektor Informatika dan Komunikasi menjadi salah satu sektor dengan pertumbuhan tertinggi di Indonesia dengan angka mencapai 10,58 persen (year-on-year) pada tahun 2020 dan 7,78 persen (c-to-c) pada semester pertama tahun 2021.

Hal ini disampaikan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate yang menyebutkan dalam Kelompok Kerja Ekonomi Digital di Forum G20. Dalam kesempatan tersebut, Indonesia mengusulkan tiga prioritas utama, yaitu konektivitas dan Pasca Pemulihan Covid-19; keterampilan digital dan literasi digital; serta aliran data lintas batas dan aliran data bebas dengan kepercayaan.

“Tiga isu prioritas yang diusulkan menunjukkan bagaimana Indonesia percaya bahwa ekonomi digital akan mendukung pemulihan global pasca pandemi Covid-19, untuk pulih bersama dan bahkan lebih kuat,” ujarnya dikutip dari merdeka.com.

Dia mengatakan peran aktif Indonesia dalam masalah tata kelola data digaungkan dengan komitmennya untuk berdiskusi lebih lanjut dengan berbagai pemangku kepentingan mengenai aliran data lintas batas untuk memastikan optimalisasi ekonomi berbasis data.

“Indonesia telah terlibat dalam diskusi tentang tata kelola data, mengusulkan empat prinsip aliran data lintas batas seperti; lawfulness, fairness, transparency, and reciprocity dalam Forum G20,” katanya.

Indonesia juga telah mendorong diskusi tentang tata kelola data bersama dengan Negara Anggota ASEAN yang menghasilkan Deklarasi Putrajaya- ASEAN: A Digitally Connected Community in 2021.

“Deklarasi Putrajaya merupakan referensi umum bagi Negara Anggota ASEAN untuk mewujudkan prinsip transparan, terpercaya, dan membentuk ekosistem digital yang akuntabel,” katanya.

Indonesia terus mengembangkan kebijakan guna menyiapkan masyarakat Indonesia ter literasi terhadap permasalahan data. Hal itu dilakukan dengan melaksanakan pelatihan keterampilan digital, dan memastikan konektivitas digital.

Pemerintah Indonesia menginginkan warga negaranya menjadi lebih siap menghadapi masa depan untuk tampil di panggung global dan menyuarakan aspirasi mereka soal tata kelola data kepada ekosistem digital.

“Indonesia berharap dapat memastikan inklusivitas internet untuk seluruh masyarakat. Internet yang terhubung dengan baik, dengan orang-orang yang siap memaksimalkan manfaat internet,” ujarnya.

Berkembangnya sektor informatika dan komunikasi menjadi satu peluang bagi anak muda untuk memilih karier di masa depan. Kemajuan teknologi yang begitu pesat tentu membutuhkan sumber daya manusia. Oleh sebab itu, sangat penting bagi kamu untuk bisa berkarir di bidang yang menjanjikan.

Sangat penting bagi kamu yang masih sekolah untuk tahu bila Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI) yang merupakan Kampus IT di Bali. INSTIKI yang merupakan Kampus Swasta di Bali mempunyai kewajiban memberikan fasilitas dan memberikan pendidikan berkualitas kepada lulusan untuk bisa berkompetisi dan membentuk mereka menjadi lulusan kompeten di bidang teknologi dan informasi.

Tujuan lain INSTIKI adalah mengoptimalkan sumber daya yang ada untuk meningkatkan jumlah dan kualitas penelitian dan kegiatan pengabdian masyarakat yang bermanfaat dan tepat guna. Hal ini tentu melihat kesadaran hadirnya revolusi industri 4.0 sehingga INSTIKI dapat berperan mencetak sumber daya manusia demi membawa negara Indonesia dapat bersaing dengan negara lain.

INSTIKI yang merupakan Kampus IT Terpopuler di Bali ini memiliki dua program studi, yaitu Sistem Komputer dan Teknik Informatika. Sistem komputer memiliki tujuan menciptakan lulusan sarjana yang profesional di bidang sistem komputer, memiliki kemampuan menguasai hardware dan software yang berimbang dan sangat menunjang profesi di bidang: IT, EDP Perhotelan Pariwisata, Mobile Programmer, Technical Support, Network Administrator, Automation System dan Smart Robotic System.

Sementara, program studi Teknik Informatika memiliki misi melaksanakan pendidikan yang berfokus pada kebutuhan pengembangan ilmu dan teknologi berbasis komputer untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan mengolah serta menganalisa sistem informasi, multimedia, dan memanfaatkan teknologi terkini dalam mendukung perkembangan industri.

Memilih jurusan adalah langkah penting bagi mahasiswa dalam menentukan masa depannya. Tentu setelah lulus dari kuliah, mahasiswa dapat dengan mudah masuk ke industri atau justru dapat menciptakan industri itu sendiri.

INSTIKI yang terdahulu dikenal dengan STIKI Indonesia, kini telah bertransformasi menjadi Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI). INSTIKI adalah kampus IT, bisnis, dan desain terbaik di Bali dan Nusa Tenggara yang terakreditasi nasional dan tersertifikasi internasional.

INSTIKI adalah kampus swasta di Bali yang membuka 4 program studi unggulan yakni Teknik Informatika, Sistem Komputer, Desain Komunikasi Visual, dan Bisnis Digital. Biaya kuliah di INSTIKI sangatlah terjangkau! Tertarik untuk kuliah di Bali alias melanjutkan studi di INSTIKI? Dapatkan informasi lebih lengkap tentang INSTIKI dan jurusan INSTIKI dengan mengakses https://instiki.ac.id/apply-now/

PENGUMUMAN LAINNYA