Situs BSSN Diretas, Apa Itu Serangan Deface?

Situs Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) menjadi bahan perbincangan masyarakat karena terkena serangan deface. Peretasan yang membuat heboh itu adalah peretasan yang berupa pengubahan terhadap tampilan utama suatu situs. Peretas yang identitasnya dikenal sebagai “theMx0nday” menulis di situs BSSN bahwa peretasan ini merupakan balasan terhadap peretasan situs negara Brazil.

Dilansir dari tempo.co, serangan deface merupakan salah satu jenis serangan digital yang cukup umum terjadi. Chairman lembaga riset siber Communication & Information System Security Research Center, Pratama Persadha menjelaskan bahwa serangan deface merupakan bentuk peretasan suatu situs yang berupaya untuk mengubah tampilannya. Perubahan tampilan pada suatu situs yang diakibatkan oleh serangan deface bisa berupa perubahan tampilan situs secara keseluruhan atau hanya sebagian saja.

Situs BSSN Diretas (Gambar: jawapos.com)

Secara sekilas, serangan deface tampak sederhana dan tidak terlalu berbahaya. Namun, Pratama mengungkapkan bahwa serangan deface bisa menjadi serangan yang berbahaya.

“Attack yang simpel pun, kalau lolos dari firewall bisa mengakibatkan kerusakan yang besar. Jangan dianggap semua serangan deface itu adalah serangan ringan, bisa jadi hacker-nya sudah masuk sampai ke dalam,” kata Pratama seperti dikutip dari tempo.co (25/10/2021).

Senada dengan yang diungkapkan Pratama, situs techopedia.com juga mengungkapkan bahwa serangan deface bisa jadi merupakan serangan yang berbahaya. Dalam beberapa kasus, serangan deface digunakan untuk mengalihkan perhatian korban dari serangan siber yang mungkin jauh lebih fatal. Sebab, apabila dibandingkan dengan serangan siber lain, serangan deface lebih kasat mata dan mudah dikenali.

Serangan deface terhadap situs BSSN tentu bukan merupakan serangan yang pertama. Dalam beberapa waktu sebelumnya, serangan deface sudah sering terjadi pada situs lembaga-lembaga negara atau situs organisasi keagamaan. Umumnya, serangan deface disertai dengan pesan yang sifatnya politis. Pelakunya pun umumnya para aktivis peretas atau sering disebut sebagai hacktivist.

Serangan siber sendiri dapat ditanggulangi apabila kita sebagai pengguna tahu apa yang harus dilakukan untuk mengamankan sistem dan apa respon pertama apabila terdeteksi serangan siber ke dalam sistem. ilmu terkait hal ini dapat diperoleh dalam mata kuliah cyber security jadi salah satu mata kuliah wajib semua jurusan di INSTIKI. 

INSTIKI yang terdahulu dikenal dengan STIKI Indonesia, kini telah bertransformasi menjadi Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI). INSTIKI adalah kampus IT, bisnis, dan desain terbaik di Bali dan Nusa Tenggara yang terakreditasi nasional dan tersertifikasi internasional.

INSTIKI adalah kampus swasta di Bali yang membuka 4 program studi unggulan yakni Teknik Informatika, Sistem Komputer, Desain Komunikasi Visual, dan Bisnis Digital. Biaya kuliah di INSTIKI sangatlah terjangkau! Tertarik untuk kuliah di Bali alias melanjutkan studi di INSTIKI? Dapatkan informasi lebih lengkap tentang INSTIKI dan jurusan INSTIKI dengan mengakses https://instiki.ac.id/apply-now/

PENGUMUMAN LAINNYA