Kuota Gratis Kemendikbud Bulan November, Kapan Cair?

Kuota Gratis Kemendikbud Bulan November, Kapan Cair?

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi memberikan bantuan kuota internet ke pelajar dan mahasiswa selama Pandemi COVID-19. Bantuan kuota ini sudah diberikan tiga bulan berturut-turut mulai September hingga November 2021.

Lantas kapan kuotanya cair? Kemendikbud Ristek menegaskan sesuai dengan program awal bahwa kuota akan dibagikan secara bertahap pada setiap tanggal 11-15 tiap bulannya. Maka untuk penyaluran bantuan kuota internet pada bulan November akan dimulai pada 11 November mendatang.

Nah untuk mengingatkan berikut besaran kuota yang didapatkan seperti dilansir dari kompas.com:

Besaran kuota Kemendikbud Besaran kuota internet gratis Kemendikbud yang diberikan untuk siswa dan pendidik menurut jenjang pendidikan adalah sebagai berikut:

  • Siswa PAUD: 7GB/ bulan
  • Siswa SD, SMP, SMA: 10GB/ bulan
  • Pendidik PAUD, SD, SMP, SMA: 12GB/ bulan Mahasiswa dan dosen: 15 GB/ bulan

Setiap nomor ponsel penerima bantuan bisa menerima paling banyak tiga bantuan paket kuota data internet, dengan ID penerima bantuan yang berbeda. Seperti bantuan kuota periode sebelumnya, bantuan kuota internet Kemendikbud Ristek kali ini merupakan kuota umum. Artinya, siswa, guru, mahasiswa, dan dosen bisa menggunakan kuota untuk mengakses seluruh situs web dan aplikasi.

Akan tetapi, ada beberapa halaman yang tidak bisa diakses dengan kuota Kemendikbud Ristek, yakni: Situs yang diblokir oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Media sosial seperti Instagram, Facebook, Snapchat, Tinder, dan lain-lain Game seperti Candy Crush, Clash of Clans, Garena Free Fire, dan lain-lain Aplikasi video seperti Netflix, TikTok, Viu, dan lain-lain

Berikut cara cek kuota belajar Kemendikbud:

  • Telkomsel USSD *888# > pilih “Cek Pulsa & Kuota” > pilih “Cek Kuota”. Informasi sisa kuota akan dikirim via SMS Aplikasi myTelkomsel: beranda > internet 
  • Indosat Ooredoo USSD *123*075# > Status & Cek Kuota. Informasi sisa kuota akan dikirim via SMS Aplikasi myIM3 > beranda > data
  • Tri USSD *123*10*3# Informasi kuota akan dikirim via SMS, dengan cara SMS: ketik “INFO KUOTA” kirim ke 234 Aplikasi Bima+, informasi akan muncul di beranda 
  • XL Axiata & Axis USSD *123*7*1# > “Cek Kuota” Informasi akan dikirim via SMS Aplikasi myXL (XL) Aplikasi AxisNet (Axis)
  • Smartfren USSD *995#, lalu informasi akan dikirim via SMS SMS dengan format “Cek”, kirim ke 995 Aplikasi MySmartfren, lalu buka menu “Paket Saya”

Segala upaya terus dilakukan agar proses belajar mengajar di era Pandemi COVID-19 tidak terkendala. Semua pihak baik pemerintah, kampus maupun murid/mahasiswa harus saling bahu membahu agar proses belajar tidak terkendala.

Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI) yang merupakan kampus IT terbaik di Bali juga berupaya agar proses belajar mengajar di era Pandemi COVID-19 tetap berjalan lancar dan baik. Apalagi banyak orangtua terdampak perekonomiannya akibat Pandemi COVID-19.

Oleh sebab itu, INSTIKI yang merupakan Kampus Swasta di Bali ini menyediakan pula bantuan kuota kepada mahasiswa. Hal ini merupakan bentuk komitmen dari INSTIKI  untuk berperan membantu mahasiswa agar proses belajar tidak terganggu.

Ingin mendapatkan informasi lain seputar dunia perkuliahan? Dapatkan informasi lebih lengkap seputar dunia perkuliahan dan INSTIKI dengan mengakses https://instiki.ac.id/

INSTIKI yang terdahulu dikenal dengan STIKI Indonesia, kini telah bertransformasi menjadi Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI). INSTIKI adalah kampus IT, bisnis, dan desain terbaik di Bali dan Nusa Tenggara yang terakreditasi nasional dan tersertifikasi internasional.

INSTIKI adalah kampus swasta di Bali yang membuka 4 program studi unggulan yakni Teknik Informatika, Sistem Komputer, Desain Komunikasi Visual, dan Bisnis Digital. Biaya kuliah di INSTIKI sangatlah terjangkau! Tertarik untuk kuliah di Bali alias melanjutkan studi di INSTIKI? Dapatkan informasi lebih lengkap tentang INSTIKI dan jurusan INSTIKI dengan mengakses https://instiki.ac.id/apply-now/

PENGUMUMAN LAINNYA