Imajinasi dan Teknologi Ibarat Ayam dan Telur

Imajinasi dan Teknologi Ibarat Ayam dan Telur

Teknologi yang semakin berkembang dengan pesat membuat industri bisa lebih dengan mudah dalam berkarya termasuk industri perfilman. Sutradara Riri Riza menilai teknologi terbaru smartphone saat ini tidak hanya memungkinkan penggunanya memakainya sebagai alat komunikasi. Namun bisa sekaligus sebagai alat untuk membuat sebuah film.

“Syuting kan by sequence, semua asal persiapannya tepat, kita punya cerita tepat, saya yakin bisa,” kata Riri Riza dikutip dari liputan6.com.

Sutradara Garin Nugroho menambahkan teknologi merupakan salah satu cara untuk bisa belajar hal baru. Dia pun mengakui film memang bisa diproduksi dengan handphone saja tanpa perlu menggunakan kamera khusus membuat film.

“Kalau bikin cerita film, mungkin besok pun saya ingin sekali membuat film cerita dengan handphone,” ujarnya.

Smartphone membuat segalanya seolah “ada di tangan kita sendiri”. Penggunaannya pun juga praktis, efisien, namun mampu membuat kita semua lebih praktis, efisien dan mampu menjelajah sangat luas.

“Teknologi sebenarnya sudah jadi bagian dari tubuh kita sekarang. Jadi kalau ditanya bagaimana membuat film cerita dengan handphone, itu malah sudah seharusnya dilakukan,” katanya.

Perkembangan teknologi yang semakin pesat harus pula diiringi dengan meningkatnya kreativitas dan imajinasi anak-anak muda dalam menciptakan sesuatu.

Sutradara senior ini menilai perubahan dan penemuan teknologi harus disertai dengan apa yang ia sebut sebagai ‘kemenangan kreatif’ dari manusianya.Garin mengatakan, imajinasi dan teknologi bisa diibaratkan seperti ayam dan telur yang saling mengisi dan mendesak.

“Jika kreativitas atau pun imajinasi, atau konten itu lemah, maka sebetulnya teknologi hanya menjadi ruang pasar untuk anak-anak muda menonton tetapi tidak mencipta,” ujarnya.

Garin mengatakan, ke depannya teknologi memberikan kemungkinan-kemungkinan baru dari sisi estetik, bentuk, cara tutur, hingga cara menikmati dan interkonektivitas.

Teknologi akan berlomba dengan “imajinasi dan cara-cara manusia kreatif untuk mengelola, memperluas, dan memperdalam teknologi itu sendiri.”

“Menurut saya itu sebuah peta yang asyik, seperti berselancar di gelombang besar. Bagi saya itu yang paling menarik,” kata Garin.

Teknologi saat ini memang menjadi jalan besar bagi siapapun untuk berkarya. Berkarya memang bisa dilakukan di mana saja asalkan ada niat. Bagi kamu yang ingin belajar tentang film mungkin bisa bergaul dengan lingkungan yang tepat.

Apabila kamu seorang mahasiswa atau sedang ingin mencari tempat kuliah bisa mempertimbangkan kampus yang memiliki Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) sesuai dengan minatmu.

Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI) yang merupakan kampus IT terbaik di Bali memiliki total 35 organisasi kemahasiswaan. Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di kampus swasta di Bali ini sangat beragam. Mulai dari UKM keagamaan, olahraga, hobi dan masih banyak lainnya.

Selain memiliki banyak UKM, INSTIKI yang merupakan Kampus IT terpopuler di Bali ini memiliki kurikulum yang juga fokus pada mengasah kemampuan soft skill. STIKI Indonesia yang merupakan kampus swasta di Bali ini paham betul bahwa soft skill harus dikuasai dan berimbang antara penguasaan hard skill.

Selain memiliki kurikulum yang fokus pada soft skill, INSTIKI yang merupakan kampus IT terpopuler di Bali ini juga fokus pada pembelajaran budaya Bali. Maka, bagi kamu yang ingin kuliah di Bali akan mendapatkan keuntungan bisa mempelajari budaya Bali yang terkenal memiliki keunikan hingga ke penjuru dunia.

INSTIKI yang terdahulu dikenal dengan STIKI Indonesia, kini telah bertransformasi menjadi Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI). INSTIKI adalah kampus IT, bisnis, dan desain terbaik di Bali dan Nusa Tenggara yang terakreditasi nasional dan tersertifikasi internasional.

INSTIKI adalah kampus swasta di Bali yang membuka 4 program studi unggulan yakni Teknik Informatika, Sistem Komputer, Desain Komunikasi Visual, dan Bisnis Digital. Biaya kuliah di INSTIKI sangatlah terjangkau! Tertarik untuk kuliah di Bali alias melanjutkan studi di INSTIKI? Dapatkan informasi lebih lengkap tentang INSTIKI dan jurusan INSTIKI dengan mengakses https://instiki.ac.id/apply-now/

PENGUMUMAN LAINNYA