Mahasiswa Dapat Beasiswa Bukan Selalu yang Pintar Kok

Mahasiswa Dapat Beasiswa Bukan Selalu yang Pintar Kok

Mahasiswa mana yang tidak ingin mendapatkan beasiswa. Namun, masih banyak yang menilai bahwa mahasiswa yang mendapatkan beasiswa merupakan mahasiswa yang pintar. Padahal kenyataannya tidak seperti itu.

Banyak mahasiswa yang mendapatkan beasiswa dengan berbagai hal. Ada yang mendapatkan beasiswa karena prestasinya di luar akademik, ada pula yang memang aktif mencari beasiswa dengan cara lain seperti mengikuti lomba dan lain-lain.

Berikut ini ada sejumlah tips yang bisa kamu lakukan apabila ingin mendapatkan beasiswa. Simak uraian tips mendapatkan beasiswa berikut ini:

Jemput bola

Jangan hanya menunggu, bersikap aktif dan “jemput bola”. Cari informasi sebanyak-banyaknya tentang peluang beasiswa. Pelajari prosedur, prasyarat dan seluk-beluk dari setiap beasiswa.

Diskusikan dengan dosen dan staf di kampus

Diskusikan ketentuan dan syarata mendapatkan beasiswa kuliah dengan dosen mau pun staf di kampusmu. Setiap kampus pasti memiliki beasiswa yang bisa kamu manfaatkan. Jadi jangan malu untuk bertanya bagaimana cara mendapatkannya ya!

Sangat penting bagi kamu seorang mahasiswa untuk mendapatkan beasiswa demi meringankan biaya. Nah, menjadi seorang mahasiswa memang harus proaktif dan tidak malu untuk bertanya. Beasiswa di tiap kampus itu banyak tersedia dan bisa dipilih berdasarkan keinginanmu.

Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI) yang merupakan Kampus IT di Bali memiliki banyak sekali fasilitas berupa beasiswa yang bisa kamu dapatkan. INSTIKI yang merupakan kampus swasta terbaik di Bali paham betul beasiswa merupakan keinginan setiap mahasiswa. Berikut sejumlah beasiswa yang tersedia di INSTIKI yang merupakan Kampus IT Terpopuler di Bali.

Beasiswa KIP-Kuliah

Beasiswa ini diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Bantuan beasiswa ini berupa bantuan biaya Pendidikan dan biaya hidup dari pemerintah yang diberikan kepada peserta didik dan mahasiswa yang berasal dari keluarga miskin atau rentan miskin untuk membiayai pendidikan.

Hal ini menjadi dasar komitmen pemerintah yang menempatkan akses pendidikan tinggi bagi seluruh masyarakat sebagai salah satu prioritas pembangunan. Proses pembagian kuota dan proses pendaftaran seleksi hingga perolehan beasiswa dikoordinasikan melalui LLDIKTI VIII.

Beasiswa ini diperoleh setiap semester dari semester satu sampai semester delapan bagi mahasiswa baru yang dinyatakan lolos tahap seleksi dan tetap konsisten menjalani Pendidikan di INSTIKI

Beasiswa Bantuan Biaya Pendidikan UKT/SPP

Beasiswa UKT/SPP yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia berupaya untuk menjawab berbagai aspirasi masyarakat termasuk untuk memperkuat kebijakan penanganan dampak pandemi covid-19 bagi pendidikan tinggi, maka pemerintah melalui Program KIP Kuliah telah mengalokasikan Bantuan UKT/SPP mahasiswa yang dapat dimanfaatkan mahasiswa PTN dan PTS dengan dasar keberpihakan kepada yang tidak mampu dan berkeadilan. Beasiswa ini diperuntukan bagi mahasiswa aktif INSTIKI yang diperoleh selama satu tahun atau dua semester berdasarkan dengan perolehan kuota yang dikoordinasikan melalui LLDIKTI Wilayah VIII.

Beasiswa Prestasi Kompetisi Mahasiswa INSTIKI / Beasiswa Internal

Beasiswa Internal merupakan beasiswa yang diselenggarakan oleh Kampus STIKI Indonesia sebagai bentuk reward kepada mahasiswa yang berhasil meraih prestasi di berbagai tingkat baik akademik dan non-akademik sesuai dengan pedoman yang sudah bentuk.

Sejauh ini setiap tahun ada peningkatan penerima beasiswa internal dan mahasiswa merasa termotivasi untuk terus meningkatkan prestasi dan mengharumkan nama institusi hingga ke kancah Internasional. Penerima beasiswa internal dibebaskan dari biaya Pendidikan yang sesuai dengan ketentuan pada pedoman penerima reward prestasi.

Beasiswa Ikatan Keluarga Alumni (IKA)

Beasiswa ini bertujuan untuk meningkatkan pemerataan dan kesempatan belajar bagi mahasiswa yang mengalami kendala finansial serta mendorong dan mempertahankan semangat belajar agar mahasiswa dapat menyelesaikan pendidikannya tepat waktu. Program ini diperuntukkan bagi mahasiswa program Strata 1 (S1) dari program studi Teknik Informatika dan Sistem Komputer INSTIKI, lho!

Beasiswa Eksternal

Beasiswa eksternal merupakan beasiswa yang penyelenggaranya dari pihak eksternal kampus seperti Lembaga Pemerintahan, atau Lembaga Swasta yang membuka peluang beasiswa untuk mahasiswa INSTIKI. Berbagai jenis beasiswa eksternal yang pernah diperoleh mahasiswa INSTIKI selama satu tahun terakhir.

Beasiswa Difabel

Penyedia beasiswa difabel oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia memfokuskan penerima beasiswa ini kepada mahasiswa yang memiliki keterbatasan atau berkebutuhan khusus untuk melanjutkan studi di perguruan tinggi.

Melalui skema Beasiswa Difabel, Pemerintah telah mengalokasikan kuota khusus bantuan biaya pendidikan bagi mahasiswa difabel yang masuk perguruan tinggi melalui semua jalur yang ditetapkan.

Penerima beasiswa difabel INSTIKI memperoleh biaya Pendidikan dan biaya hidup yang sangat membantu menunjang Pendidikan peserta didik yang memiliki kebutuhan khusus.

Bantuan Sosial Tunai Perguruan Tinggi (BST-PT)

Bantuan Sosial Tunai – Perguruan Tinggi (BST-PT) merupakan program Paket Kebijakan Percepatan Penanganan COVID-19 di Provinsi Bali maka Pemerintah Provinsi Bali memberikan bantuan biaya Pendidikan dalam bentuk Bantuan Sosial Tunai kepada mahasiswa INSTIKI sesuai dengan prosedur dan kuota yang telah diberikan oleh Pemerintah Provinsi Bali untuk membantu mahasiswa INSTIKI yang terdampak COVID-19 agar tetap dapat melanjutkan Pendidikan dengan baik.

Beasiswa Indonesia Cerdas (BIC) BRI

Beasiswa BIC-BRI yang diselenggarakan oleh Bank Rakyat Indonesia (BRI) dalam rangka meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia di Indonesia dan mewujudkan program yang berkelanjutan, Bank BRI berkomitmen untuk mendukung pendidikan melalui Beasiswa Indonesia Cerdas (BIC) memberi peluang kepada Mahasiswa Aktif INSTIKI yang minimal sedang menempuh pendidikan Semester 3 dan maksimal Semester 7 untuk mendapatkan Bantuan Beasiswa Indonesia Cerdas (BIC) BRI. Bantuan BIC dibagi menjadi 3 Kategori yang bisa dipilih salah satu oleh calon penerima untuk mengikuti seleksi, di antaranya :

  • Beasiswa Umum
  • Beasiswa 3T (Tertinggal, Terdepan, dan Tertular)
  • Beasiswa Difabel

INSTIKI yang terdahulu dikenal dengan STIKI Indonesia, kini telah bertransformasi menjadi Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI). INSTIKI adalah kampus IT, bisnis, dan desain terbaik di Bali dan Nusa Tenggara yang terakreditasi nasional dan tersertifikasi internasional. INSTIKI juga menunjukkan kapabilitasnya sebagai kampus swasta terbaik di Bali yakni dengan menyediakan sejumlah beasiswa yang dapat mendukung para mahasiswanya dalam menimba ilmu.

INSTIKI adalah kampus IT swasta terbaik di Bali dan Nusa Tenggara yang membuka 4 program studi unggulan yakni Teknik Informatika, Sistem Komputer, Desain Komunikasi Visual, dan Bisnis Digital. Biaya kuliah di INSTIKI sangatlah terjangkau! Tertarik untuk kuliah di Bali alias melanjutkan studi di INSTIKI? Dapatkan informasi lebih lengkap tentang INSTIKI dan jurusan INSTIKI dengan mengakses https://instiki.ac.id/apply-now/

PENGUMUMAN LAINNYA