“Mata Kuliahnya Susah, Fix Salah Jurusan!”

“Mata Kuliahnya Susah, Fix Salah Jurusan!”

Saat menjadi mahasiswa baru tentu kamu masih dalam proses adaptasi sehingga seringkali merasa salah jurusan. Saat baru belajar dan menilai mata kuliah susah untuk dipahami maka ada pikiran seolah salah dalam memilih jurusan. “Mata kuliahnya susah, fix salah jurusan!”.

Padahal belum tentu salah jurusan. Banyak mahasiswa baru yang menyerah di awal dan berpikir untuk pindah jurusan bahkan ada yang sampai harus pindah kampus.

Bagi kamu yang saat ini masih berstatus sebagai mahasiswa baru tentu perlu sejumlah tips agar bisa mampu bertahan. Berikut sejumlah tips bertahan bagi mahasiswa yang merasa salah jurusan:

Bertahan adalah hal terbaik

Cara terbaik menguatkan dirimu adalah dengan bertahan. Ingat untuk mundur harus butuh pertimbangan yang matang. Oleh sebab itu, penting untuk bertahan.

Semua ilmu ada manfaatnya

Meski kamu merasa salah jurusan perlu diingat bahwa semua ilmu itu pasti ada manfaatnya.

Anggap sebagai tantangan

Mengarungi hidup harus mampu menghadapi tantangan. Pikirkan saja salah jurusan sebagai satu tantangan yang harus kamu hadapi dan harus kamu taklukkan. Tidak semua yang merasa salah akan berakhir dengan ‘salah’ pula.

Cari peluang

Apabila kamu merasa susah untuk mengerti mata kuliah. Kamu harus cari peluang lain yang bisa kamu lakukan untuk bisa berkembang. Sebagai contoh, kamu bisa mengikuti organisasi bahkan magang pada pekerjaan yang relevan dengan jurusan kamu. Hal ini bisa menjadi penunjang semangatmu untuk bisa mengikuti seluruh mata kuliah yang ada di jurusanmu.

Semoga membantu bagi kamu yang merasa salah jurusan. Bagi kamu yang merasa salah jurusan apabila memilih jurusan Teknik Informatika maupun jurusan yang bersinggungan dengan teknologi seharusnya tidak perlu merasa salah jurusan. Kenapa? Karena siapa yang mampu menguasai teknologi akan dengan mudah ‘menguasai’ dunia!

Sebagai contoh, jurusan Teknik Informatika maupun Sistem Komputer berkaitan dengan coding. Siapa yang mampu menguasai skill coding sudah berinvestasi untuk masa depan!

programmer merupakan salah satu profesi yang paling dicari di era Revolusi Industri 4.0. Skill coding merupakan skill yang wajib dimiliki apabila kamu ingin menjadi seorang programmer.

Nah, berikut ini ada sejumlah alasan kenapa skill coding merupakan investasi yang baik untuk masa depan? simak uraiannya dikutip dari kodingakademi.id:

Skill permintaan yang tinggi

Industri berbasis teknologi terus berkembang pesat hingga saat ini. Maka keuntungannya adalah permintaan akan pekerjaan di bidang teknologi sangat tinggi. Industri teknologi selalu membutuhkan pekerja dengan skill komputer yang memadai. Keahlian utama yang banyak dicari adalah kemampuan menguasai bahasa pemrograman.

Keterampilan untuk berbagai sektor

Meski industri teknologi terus berkembang pesat. Namun, kemampuan coding juga diperlukan sektor lain seperti keuangan, manufaktur, kesehatan dan industri lain. Alasannya, setiap sektor industri pasti memiliki basis teknologi dan website. Maka, dibutuhkan orang yang memiliki kemampuan dalam menguasainya.

Skill seumur hidup

Coding bukan hanya sekedar menulis kode. Namun, coding juga mengajarkan untuk memecahkan masalah, berorganisasi, merancang. Oleh sebab itu, skill coding sangat berguna dalam setiap aspek kehidupan hingga jangka panjang.

Dilansir situs appkey pada tahun 2015, sebuah studi menemukan pekerja dengan keterampilan coding tumbuh lebih cepat dari rata-rata pasar. Oleh sebab itu, seseorang yang memiliki kemampuan skill coding memiliki masa depan yang cerah.

Untuk belajar coding dengan serius dibutuhkan tempat belajar yang tepat. Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI) merupakan Kampus IT terbaik di Bali yang memiliki program studi Teknik Informatika dan Sistem Komputer.

Program studi Teknik Informatika di INSTIKI memiliki empat peminatan di antaranya Manajemen Data dan Informasi, Desain Grafis Multimedia, Komputer Akuntansi Bisnis dan Pariwisata.

Selain program studi Sistem komputer dan teknik informatika, INSTIKi juga membuka 2 program studi lainnya yakni Bisnis digital dan Desain komunikasi visual

INSTIKI yang terdahulu dikenal dengan STIKI Indonesia, kini telah bertransformasi menjadi Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI). INSTIKI adalah kampus IT, bisnis, dan desain terbaik di Bali dan Nusa Tenggara yang terakreditasi nasional dan tersertifikasi internasional.

INSTIKI adalah kampus swasta di Bali yang membuka 4 program studi unggulan yakni Teknik Informatika, Sistem Komputer, Desain Komunikasi Visual, dan Bisnis Digital. Biaya kuliah di INSTIKI sangatlah terjangkau! Tertarik untuk kuliah di Bali alias melanjutkan studi di INSTIKI? Dapatkan informasi lebih lengkap tentang INSTIKI dan jurusan INSTIKI dengan mengakses https://instiki.ac.id/apply-now/

PENGUMUMAN LAINNYA