Kelebihan dan Kekurangan Flat Design, Apa Saja?

Kelebihan dan Kekurangan Flat Design, Apa Saja?

Dilansir indonesiamendesain.com, flat design membantu untuk lebih fokus pada konten, tanpa mengganggu pemirsa dari efek visual. Flat design menekankan kesederhanaan elemen dan pada saat bersamaan membuat antarmuka lebih responsif, cepat dan mudah digunakan.

Banyak yang membandingkan flat design dengan skeuomorphism design. Padahal skeuomorphism membuat efek seperti bayangan, tekstur realistis, pantulan, beveling dan embossing dan sebagainya.

Berikut ini ada sejumlah kelebihan maupun kekurangan dalam Flat Design. Simak urainnya berikut ini dilansir dari indonesiamendesain.com:

Kelebihan Flat Design

Flat design semakin melambung tinggi sejak Microsoft dan Apple menerapkannya. Flat design memang cepat diadopsi sebagai pendekatan baru terhadap pengalaman pengguna (User Experience).

Prinsip flat design dapat diterapkan pada kategori desain lainnya, namun tata letak berbasis grid dan grafis sederhana sangat sesuai untuk desain web, seluler, dan User Interface karena mudah dipasang atau disesuaikan untuk diterapkan pada perangkat dan ukuran layar yang berbeda sekalipun (responsif).

Di sisi lain, gaya skeuomorphism design yang sangat rinci dengan banyak bayangan dan tekstur sering kali tidak terjalin dengan baik saat ukuran layar berubah (kurang responsif).

Ryan Allen seorang desainer, Dapper Gentlemen memasukkannya ke dalam artikel yang berjudul Flat 2.0,. Flat design dapat dibangun dengan skala dinamis sesuai ukuran konten yang jauh lebih sederhana daripada desain yang sempurna.

  • Fleksibel

Tampilan flat design cenderung memiliki komposisi yang disusun oleh bentuk geometris yang seragam. Jenis tata letak ini memiliki tempat di setiap elemen desainnya dan mudah dinavigasi dengan cepat.

Grid juga merupakan kerangka kerja fleksibel yang bisa dibentuk menjadi banyak pengaturan. Hal ini memungkinkan desainer untuk membuat pengaturan yang paling sesuai dan menampilkan konten mereka, daripada menekan konten ke dalam tata letak yang telah ditentukan sebelumnya.

  • Tipografi Bersih dan Terlihat

Kualitas flat design juga memperluas pendekatan desainer terhadap typesetting, yang seringkali menghasilkan tipografi yang lebih besar dan lebih ramping. Tidak adanya bayang-bayang dan efek lainnya yang membuat teks lebih mudah dibaca.

Jenis Sans-serif adalah pilihan yang paling populer dan cocok untuk gaya flat design, namun font serif dan tipografi yang tidak terlalu rumit dalam desainnya juga bisa cocok dipadukan dalam gaya flat design.

  • Hemat

Tidak menghabiskan banyak space penyimpanan karena ukuran file cenderung lebih kecil dalam memproses antarmuka untuk desain web, seluler, dan User Interface.

Kekurangan Flat design

  • Terlalu fokus pada estetika trendy

Flat design secara teratur muncul pada daftar tren desain karena terus menjadi pilihan populer bagi desainer yang menginginkan karya mereka tampil sebagai teknologi modern atau reflektif. Salah satu masalah dengan tren adalah beberapa desainer akan menerapkannya hanya untuk mengikuti arusnya saja tanpa benar-benar memikirkan kegunaannya.

Semoga bisa membantu bagi kamu yang tengah menggeluti dunia desain. Untuk kamu yang ingin serius menjadi seorang desainer tentu butuh tempat belajar yang tepat.

Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI) merupakan kampus IT terbaik di Bali yang memiliki program studi Teknik Informatika yang salah satu peminatannya adalah Desain Grafis dan Multimedia. Sebagai kampus swasta di Bali, INSTIKI dengan Desain Grafis dan Multimedia memiliki komitmen mencetak lulusan yang mampu menghasilkan karya berbasis desain grafis dan multimedia serta pembuatan situs/web perusahaan/instansi, video editing, program tayangan televisi, desain display product, animasi 2 dan 3 dimensi, corporate identity serta marketing kit.

INSTIKI yang terdahulu dikenal dengan STIKI Indonesia, kini telah bertransformasi menjadi Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI). INSTIKI adalah kampus IT, bisnis, dan desain terbaik di Bali dan Nusa Tenggara yang terakreditasi nasional dan tersertifikasi internasional.

INSTIKI adalah kampus swasta di Bali yang membuka 4 program studi unggulan yakni Teknik Informatika, Sistem Komputer, Desain Komunikasi Visual, dan Bisnis Digital. Biaya kuliah di INSTIKI sangatlah terjangkau! Tertarik untuk kuliah di Bali alias melanjutkan studi di INSTIKI? Dapatkan informasi lebih lengkap tentang INSTIKI dan jurusan INSTIKI dengan mengakses https://instiki.ac.id/apply-now/

 

PENGUMUMAN LAINNYA