Wisuda Periode XVIII STIKI Indonesia Diikuti 401 Wisudawan

STMIK STIKOM Indonesia (STIKI) menggelar wisuda periode XVIII yang dilaksanakan secara hybrid yakni online dan offline dengan dihadiri oleh perwakilan wisudawan terbaik dan wisudawan dengan karya terbaik.

Wisuda digelar di aula STIKI Indonesia dengan menerapkan protokol kesehatan dan dihadiri oleh Kepala LLDIKTI Wilayah VIII Prof Dr I Nengah Dasi Astawa, M.Si pada Senin (25/10/2021).

 

Wisuda Periode XVIII diiikuti oleh total 401 wisudawan dengan rincian 338 wisudawan dari Program Studi Teknik Informatika dan 63 wisudawan dari Program Studi Sistem Komputer.

Dalam sambutannya, Kepala LLDIKTI Wilayah VIII Prof Dr I Nengah Dasi Astawa mengingatkan kepada wisudawan untuk menjadi pribadi yang kuat untuk mampu bersaing setelah menyandang gelar sarjana. Dia mengingatkan kepada seluruh wisudawan untuk menjadi pribadi yang tangguh dan jangan sampai menyia-nyiakan gelar sarjana dan menjadi pengangguran. Dia berharap wisudawan untuk terus berusaha hingga mampu mewujudkan cita-cita.

“Jangan jangan pribadi yang malas, jangan jadi pribadi yang cepat puas. Hari ini makan tomat besok ganti makan anggur, hari ini kalian tamat jangan lama-lama menganggur,” kata Prof Dasi dalam sambutannya, Senin (25/10/2021).

Kampus IT di Bali, Kampus Swasta di Bali, Kuliah di Bali
Wisuda Periode XVIII STIKI Indonesia

Selain mengingatkan para wisudawan untuk menjadi pribadi yang tangguh, Prof Dasi mengingatkan agar alumni dan STIKI Indonesia bisa saling terus menjaga silaturahmi. Dia mengingatkan Perguruan Tinggi yang hebat adalah jika didukung oleh para alumninya.

“Di luar negeri begitu, usia Perguruan Tinggi sudah ratusan tahun namun menjadi besar karena peran alumninya. Begitu juga peran alumni di dalam membesarkan STIKI Indonesia,” pesannya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua STIKI Indonesia I Dewa Made Krishna Muku, S.T., M.T mengingatkan kepada wisudawan untuk tidak menjadikan Pandemi COVID-19 sebagai alasan untuk kesulitan dalam mencari pekerjaan. Dia menjelaskan lulusan STIKI Indonesia merupakan lulusan yang berkompeten dalam bidang teknologi yang pada era Pandemi COVID-19 semakin pesat berkembang sehingga semakin banyak peluang bagi lulusan IT.

“Jangan salahkan Pandemi justru Pandemi karena anda anak IT, sekarang serba digital justru kesempatan anda terbuka lebar,” pesannya.

Kampus IT di Bali, kuliah di Bali, kampus swasta di bali
Wisuda Periode XVIII STIKI Indonesia

Made Muku mengibaratkan kehidupan sebagai satu balapan mobil. Pemenang bukan ditentukan dari pembalap yang menguasai trek lurus. Namun, pemenangnya adalah pembalap yang jago menyusun strategi saat di tikungan/

“Pemenang ditentukan oleh siapa yang bisa pintar oper gigi, siapa yang bisa nyalip. Sama seperti era sekarang ‘pemenang’ ditentukan dari yang lihai nyalip contohnya nyalip orang yang kagok teknologi,” ujarnya.

Setelah mendengarkan sambutan dari Kepala LLDIKTI Wilayah VIII dan Ketua STIKI Indonesia, acara wisuda dilanjutkan dengan pengukuhan wisudawan yang diwakilkan oleh salah satu perwakilan wisudawan yang merupakan lulusan terbaik.

Wisudawan dengan karya terbaik dalam wisuda periode XVIII adalah Kaleb Charisma Kombonglangi dengan judul Tugas Akhir “Rancang Bangun Mesin Filling Cupcake dengan Image Pattern Recognition” dan Mohammad Dwi Alfian dengan judul Tugas Akhir “Rancang Bangun Sistem Peringatan Gempa Bumi Menggunakan Sensor Akselerometer Berbasis IoT”. Wisudawan dengan karya terbaik lainnya adalah Elmo Wahyu Adiguna dengan judul Tugas Akhir “Perancangan Film Animasi 2D Cerita Rakyat Lombok Lelampak Lendong Kao”.

Sementara itu, wisudawan dengan IPK terbaik adalah Ni Wayan Heni Marhaeni dengan IPK 3,84 dari Program Studi Teknik Informatika. Sementara, wisudawan dengan IPK terbaik dari Program Studi Sistem Komputer adalah I Putu Agus Yogi Subawa dengan IPK 3,9.

INSTIKI yang terdahulu dikenal dengan STIKI Indonesia, kini telah bertransformasi menjadi Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI) per 2 Februari 2022. INSTIKI adalah kampus IT, bisnis, dan desain terbaik di Bali dan Nusa Tenggara yang terakreditasi nasional dan tersertifikasi internasional.

INSTIKI adalah kampus swasta di Bali yang memiliki 4 program studi unggulan yakni Teknik Informatika, Sistem Komputer, Desain Komunikasi Visual, dan Jurusan Manajemen Bisnis Program Studi Bisnis Digital. Biaya kuliah di INSTIKI sangatlah terjangkau! Tertarik untuk kuliah di Bali alias melanjutkan studi di INSTIKI? Di INSTIKI, kamu juga bisa Kuliah sambil Kerja di Bali lho! Temukan informasi menarik dan terkini lainnya hanya di Website INSTIKI.

PENGUMUMAN LAINNYA