Presiden Jokowi: Bahasa Bukan Cuma Bahasa Inggris, Bahasa Coding Lebih Penting

Presiden Jokowi: Bahasa Bukan Cuma Bahasa Inggris, Bahasa Coding Lebih Penting

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan pentingnya menguasai bahasa coding untuk generasi sekarang dan generasi selanjutnya. Dia mengingatkan era Revolusi Industri 4.0 akan menciptakan banyak jenis pekerjaan baru yang membutuhkan skill coding.

“Bahasa bukan cuma bahasa Inggris saja, bahasa coding ini lebih penting lagi ke depan,” kata Jokowi di acara Pengarahan Presiden kepada Peserta PPSA XXIII Lembaga Ketahanan Nasional di Istana Negara dikutip dari merdeka.com Rabu (13/10/2021).

Menurut Jokowi, era Revolusi Industri 4.0 sangat penting dalam fokus mengembangkan sumber daya manusia. Maka dari itu, dia berpesan kepada para pelajar dan mahasiswa agar lebih banyak mengenyam ilmu pengetahuan dan teknologi. Pengembangan SDM disebutnya jadi perhatian utama pemerintah, utamanya dalam hal pendidikan tinggi.

“Kita harus memfasilitasi pengembangan talentanya. Jangan dipagari oleh program-program studi yang justru membelenggu, karena semuanya akan hybrid, hybrid knowledge, hybrid skill,” katanya.

Jokowi mencontohkan saat ini banyak pekerjaan yang hilang namun banyak pula pekerjaan yang muncul. Salah satunya adalah profesi kasir yang kini mulai tergantikan dengan perangkat teknologi.

Selain itu, Presiden mengingatkan agar mahasiswa tidak berpuas diri dengan ilmu pengetahuan yang didapat. Sebab, hanya dalam hitungan satu semester saja, materi yang didapatnya bisa saja sudah berubah dan tidak bisa terpakai lagi.

“Oleh sebabnya itu tugas universitas, tugas perguruan tinggi, harus mengajak dan jangan membiarkan mahasiswa (terjebak) rutinitas, monoton, tidak berani mencoba hal-hal baru, dan harus didorong mahasiswa untuk belajar di mana saja dengan siapa saja,” katanya.

Mahasiswa dan Perguruan Tinggi juga diminta agar proses belajar mengajar disesuaikan. Mahasiswa tidak selalu harus dapat ilmu pengetahuan dari dosen. Namun, mahasiswa harus didorong untuk terjun langsung ke lapangan seperti magang di perusahaan teknologi.

“Tidak harus dengan para dosen, porsinya bisa diatur 30 atau 50 persen, tapi harus berani kita mulai. Taruh mahasiswa di perusahaan teknologi, untuk mereka belajar apa itu hyperloop, apa itu space act, apa itu advanced robotic. Itu semua memang harus karena kecepatan perubahan betul-betul sangat cepat sekali,” katanya.

Coding merupakan salah satu skill yang paling dibutuhkan di era Revolusi Industri 4.0. Maka kamu sudah bisa memikirkan untuk berkarir sebagai seorang programmer dan menemukan tempat belajar yang tepat.

Institut Bisnis dan Teknologi (INSTIKI) merupakan kampus IT di Bali yang memiliki dua program utama yaitu Sistem Komputer dan Teknik Informatika yang memiliki tiga konsentrasi di antaranya Manajemen Teknik Informatika, Desain Grafis dan Multimedia dan Komputer Akuntansi Bisnis.

Untuk program studi Sistem Komputer, INSTIKI sebagai kampus swasta di Bali memiliki visi menjadikan program studi yang membentuk sarjana komputer yang memiliki kemampuan memanfaatkan teknologi sistem cerdas dan sistem digital untuk mendukung perkembangan industri pariwisata berwawasan budaya.

Sementara itu, Teknik Informatika di kampus IT terpopuler di Bali ini memiliki visi menjadikan Program Studi yang membentuk sarjana komputer di bidang teknik informatika, dengan kemampuan mengolah serta menganalisa sistem informasi, multimedia, dan memanfaatkan teknologi terkini dalam mendukung perkembangan industri pariwisata berwawasan budaya.

INSTIKI memang memiliki kurikulum yang mengedepankan wawasan budaya khususnya budaya Bali. Untuk kamu yang bukan warga Bali dan memilih kuliah di Bali maka dapat keuntungan sekaligus dapat mempelajari budaya tentang Bali.

INSTIKI yang terdahulu dikenal dengan STIKI Indonesia, kini telah bertransformasi menjadi Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI). INSTIKI adalah kampus IT, bisnis, dan desain terbaik di Bali dan Nusa Tenggara yang terakreditasi nasional dan tersertifikasi internasional.

INSTIKI adalah kampus swasta di Bali yang membuka 4 program studi unggulan yakni Teknik Informatika, Sistem Komputer, Desain Komunikasi Visual, dan Bisnis Digital. Biaya kuliah di INSTIKI sangatlah terjangkau! Tertarik untuk kuliah di Bali alias melanjutkan studi di INSTIKI? Dapatkan informasi lebih lengkap tentang INSTIKI dan jurusan INSTIKI dengan mengakses https://instiki.ac.id/apply-now/

PENGUMUMAN LAINNYA