Membedah Buyer Persona: Strategi Ampuh Untuk Marketing

Apabila kamu ingin memulai berbisnis tentu perlu tahu tipe pelanggan ideal. Konsep ini di dalam dunia pemasaran dikenal dengan istilah buyer persona (persona pembeli). Dalam konteks bisnis, buyer persona juga punya banyak sebutan yaitu customer persona, audience persona maupun marketing persona.

Nah, untuk tahu lebih jauh apa itu buyer persona mari dibedah manfaat dan trik membuatnya bagi kamu yang ingin memulai berbisnis. Dilansir bitlabs.id, buyer persona adalah deskripsi mendetail tentang “seseorang” yang menggambarkan target pelanggan/audiens. Tentu saja itu bukan wujud pelanggan asli, alias konsep yang punya karakteristik sebagai pembeli potensial. Bayangkan product mockup, tapi ini orang bukan produk.

Ibarat menulis karya tulis fiksi, kamu akan “menghidupkan” orang ini. Caranya yaitu dengan berikan nama, detail demografi, minat hingga pembawaan diri di keseharian. Dengan cara ini, kamu akan tahu tujuan hidupnya, hal yang tidak disukai/masalah/kendala (pain points) maupun pola belanjanya.

Untuk menciptakan buyer persona harus didasarkan data yang akurat. Untuk mendapatkan data tersebut kamu membutuhkan beberapa tools dan sangat mudah digunakan apabila gratis. Salah satu tools yang bisa kamu manfaatkan adalah Google Analytics yang dapat memberikan kamu informasi tentang pengunjung website, mulai dari usia, berapa lama mereka menghabiskan waktu di website dan sebagainya.

Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan data dari berbagai media sosial yang menawarkan fitur analytics seperti Twitter, Instagram, Youtube dan Facebook. Lewat fitur analytics ini bisa mengetahui informasi siapa saja yang follow akunmu, faktor demografinya, hingga terkait ketertarikan mereka.

Dilansir midtrans.com, analytics tools memberikan banyak data dan informasi bagi kamu sebagai dasar untuk membuat buyer persona. Berikut ini adalah beberapa elemen terpenting yang kamu perlukan untuk menciptakan buyer persona:

  • Usia
  • Jenis kelamin
  • Lokasi
  • Tingkat pendidikan
  • Interests (olahraga, literatur, musik, dan sebagainya)
  • Jabatan pekerjaan
  • Rentang pendapatan bulanan
  • Status (single, menikah, atau yang lain)
  • Website favorit
  • Motivasi pembelian (apa yang membuat persona mau membeli suatu produk?)
  • Buying concern (apa yang dipertimbangkan persona saat membeli suatu produk?)

Manfaat buyer persona

Kamu pasti masih bingung kenapa kita harus bisa menciptakan buyer persona. Berikut sejumlah manfaatnya dilansr bitlabs.id:

  1. Membantumu fokus menyasar pelanggan yang tepat

Buyer persona akan membantumu menyasar tipe pelanggan ideal secara lebih tepat. Konsep ini akan selalu mengingatkanmu agar menempatkan keinginan dan kebutuhan pelanggan lebih dulu (customer first).

Konsep buyer persona ini kemudian bisa kamu jadikan pedoman untuk banyak hal. Mulai dari pengembangan produk, pembuatan branding, hingga cara komunikasi terbaik di kanal media sosial yang bisnismu jalankan.

Apapun itu, kamu jadi tidak asal menyasar sembarang orang. Misal kamu berencana membuat kampanye pemasaran baru, kamu hanya akan mengeksekusi ide yang sesuai dengan buyer persona-mu.

Sebab, kamu sadar kalau tidak ada gunanya menjalankan ide yang tidak sesuai dengan kebutuhan target bisnismu. Walaupun ide itu kelihatannya sangat menarik.

  1. Menyesuaikan strategi pemasaran dari perspektif pelanggan

Buyer persona membantumu memprioritaskan kebutuhan pelanggan, bukan egomu sendiri. Ini termasuk juga dalam hal komunikasi dan strategi pemasaran.

Selama ini banyak marketer yang punya kebiasaan ngomong pakai bahasa bisnis yang teknis dan kalimat-kalimat bombastis.

Misalnya: ketika memasarkan produk, mereka lebih suka menyebutkan satu per satu spesifikasinya. Sampai-sampai ada yang menyebutkan tipe mesin, kecepatan putaran, klaim tingkat kecerahan, dan bahasa-bahasa teknis lain.

Apakah itu salah? Belum tentu. Tetapi di mata dan telinga calon pembeli, itu ibarat angin lalu. Antara tidak nyambung dan bahasanya tidak umum. Jadi promosinya terkesan tidak menarik.

Melalui buyer persona, kamu diingatkan untuk berkomunikasi sesuai dengan gaya target pelanggan. Dengan begitu, kamu bisa memikat pelanggan dan membuat mereka loyal.

  1. Membidik target iklan dengan lebih efektif

Satu lagi manfaat dari buyer persona adalah membantumu memasang iklan online dengan lebih tepat. Apalagi sekarang iklan online memungkinkan kamu memilih target audiens yang spesifik.

Kamu tinggal centang atau isi kolom rencana iklan sesuai kebutuhan. Mulai dari jenis kelamin, rentang umur, topik yang disukai, sampai dengan lokasi. Jadi, kamu bisa bidik audiens setepat mungkin.

Bahkan, kamu bisa gunakan beberapa buyer persona jika memang kamu punya segmen pasar yang beda. Gunakan ini untuk membuat konten iklan terpisah. Dengan begitu, kamu bisa menjangkau calon pelanggan dengan cara sepersonal mungkin.

Iklan tertarget macam ini terbukti mampu meningkatkan angka konversi dan penjualan. Semoga bisa membantu bagi kamu yang ingin memulai berbisnis. Bagi kamu yang sedang merintis sebuah usaha ada baiknya mencoba berbagai pelatihan yang dapat menunjang perkembangan bisnismu.

Salah satu caranya adalah dengan mengikuti program yang difasilitasi oleh Inkubator Bisnis (Inbis). Mengutip entrepreneur.com, inkubator bisnis adalah sebuah program atau organisasi yang dirancang untuk mempercepat pertumbuhan dan keberhasilan perusahaan wirausaha melalui serangkaian sumber daya dan layanan pendukung bisnis yang dapat mencakup ruang fisik, modal, pembinaan, layanan umum, dan koneksi jaringan.

Program inkubasi bisnis sering kali disponsori oleh perusahaan swasta atau entitas kota dan lembaga publik, seperti perguruan tinggi dan universitas. Tujuan mereka adalah membantu menciptakan dan menumbuhkan bisnis dengan memberi mereka dukungan yang diperlukan serta layanan keuangan dan teknis. Ada sekitar 900 inkubator bisnis di seluruh negeri.

Inkubator bisnis memberikan banyak manfaat bagi pemilik bisnis pemula. Staf di dalamnya biasa memberikan saran dan keahlian yang sangat dibutuhkan dalam mengembangkan rencana bisnis dan pemasaran serta membantu mendanai bisnis yang masih baru.

Selama dibimbing, kamu bisa dengan mudah belajar dan berdiskusi pada orang-orang yang berpengalaman. Sehingga menghindari kesalahan dalam merintis sebuah usaha. Tentu saja, dengan inkubator bisnis, juga bisa dengan lebih mudah mendapatkan investor yang tepat. Selama mengikuti program ini, perkembanganmu di tahun-tahun pertama juga akan dipantau apakah berjalan ke arah yang benar.

Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI) yang merupakan kampus IT di Bali memiliki Inkubator Bisnis yang berdiri pada tahun 2016. Memiliki visi menjadi inkubator bisnis yang mampu menghasilkan entrepreneur yang tangguh, mandiri, penuh determinasi guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi di kawasan Indonesia Timur.

Sebagai kampus swasta terbaik di Bali, INSTIKI memiliki visi untuk menjadi lembaga yang mewadahi ide bisnis serta sumber daya manusia yang profesional.

Mewujudkan inkubator bisnis sebagai lembaga pendamping tenant yang terdepan dan bertanggung jawab melalui penerapan ilmu pengetahuan teknologi dan seni. Misi lainnya adalah Mewujudkan Inkubator Bisnis INSTIKI yang handal dan terpercaya dalam meningkatkan kinerja tenant untuk meraih potensi pasar yang lebih luas.

Salah satu tenant Inbis INSTIKI pada tahun 2019 berhasil memenangkan hibah Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (PPBT) yang difasilitasi oleh Kemenristek/BRIN.

Pada program yang bertujuan untuk membangun iklim yang kondusif serta tumbuh dan berkembangnya perusahaan rintisan berbasis teknologi, dan mendukung komersialisasi hasil litbang di Indonesia ini Inbis INSTIKI berhasil memperoleh hibah sebesar Rp. 407.048.000 dengan jenis PPBT yang bergerak dibidang produk dan jasa Print 3 Dimensi (3D Printing).

Ayo tunggu apalagi jangan ragu untuk menjadi bagian dari Inbis INSTIKI yang merupakan kampus swasta di Bali ini. Seperti Founder Linkedin Reid Hoffman yang berkata “Cara tercepat mengubah dirimu adalah dengan BERKUMPUL dengan orang-orang yang dirimu ingin menjadi seperti mereka”.

INSTIKI merupakan kampus IT terpopuler di Bali sekaligus technopreneur campus di Bali yang siap membantumu merangkai masa depan. Sebagai kampus IT, INSTIKI akan memberikan fleksibilitas bagi kamu yang ingin berkarir di dunia kerja dan tidak perlu takut tidak bisa membagi waktu. 

INSTIKI yang terdahulu dikenal dengan STIKI Indonesia, kini telah bertransformasi menjadi Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI). INSTIKI adalah kampus IT, bisnis, dan desain terbaik di Bali dan Nusa Tenggara yang terakreditasi nasional dan tersertifikasi internasional.

INSTIKI adalah kampus swasta di Bali yang membuka 4 program studi unggulan yakni Teknik Informatika, Sistem Komputer, Desain Komunikasi Visual, dan Bisnis Digital. Biaya kuliah di INSTIKI sangatlah terjangkau! Tertarik untuk kuliah di Bali alias melanjutkan studi di INSTIKI? Dapatkan informasi lebih lengkap tentang INSTIKI dan jurusan INSTIKI dengan mengakses https://instiki.ac.id/apply-now/

PENGUMUMAN LAINNYA