Kisah Bill Gates dan Steve Jobs: Kehilangan Sang Pesaing

Kisah Bill Gates dan Steve Jobs: Kehilangan Sang Pesaing (Sumber Neowin)

Berawal dari berseteru, bersahabat hingga merasa kehilangan. Begitulah kurang lebih pasang surut persahabatan antara mendiang Steve Jobs dan Bill Gates. Bahkan, hubungan keduanya dimulai dalam perseteruan serius yang puncaknya terjadi saat Microsoft merilis Windows pertama pada 1985 yang menggunakan tampilan antarmuka grafis. Steve Jobs saat itu marah dan menuduh Microsoft telah meniru Macintosh.

Namun, mendengar kemarahan Jobs tersebut Gates tidak ambil pusing. Ia meyakini ide tampilan antarmuka ini akan menjadi besar dan tak merasa Apple punya hak eksklusif atasnya. Lagipula, Gates tahu ide tampilan antarmuka grafis Apple itu terinspirasi dari Xerox yang dikembangkan Palo Alto Research Center sebuah institusi yang sama-sama mereka puja.

“Menurutku ini seperti kami sama-sama mempunyai tetangga kaya bernama Xerox dan aku membobol rumahnya untuk mencuri televisi namun ternyata kamu sudah mencuri terlebih dahulu,” kata Gates menjawab tuduhan Steve Jobs tersebut dilansir detik.com.

Setelah itu hubungan keduanya melunak, Gates selalu mengenang Jobs sebagai sosok sahabat bahkan memiliki lagu kenangan bersama. Lagu tersebut adalah Two of Us dari The Beatles.

“Steve sangat menyukai musik. Dia suka Beatles dan aku juga. Dan dia memang menyebutkan lagu ini ketika dulu kami diwawancarai bersama. Hanya dia dan aku mengerti seberapa intens dan kenangan apa saja yang datang bersama dengan lagu itu,” kata Gates.

“Dalam tahun tahun awal kami, intensitas di antara kami selalu tentang proyek dan kemudian, karena Steve sakit, menjadi jauh lebih mellow, dalam hal membicarakan tentang kehidupan dan anak anak kami,” papar Gates.

Gates mengakui Jobs merupakan seorang rivalnya. Hal ini namun dilewati dengan sangat fair di mana mereka berdua bersaing secara sehat dengan melakukan perang inovasi bukan saling menjatuhkan.

Gates mengakui saat Steve Jobs meninggal dunia pada 5 Oktober 2011 lalu dia merasa kehilangan seorang sahabat sekaligus kehilang sang pesaingnya.

“Saya dan Steve bertemu hampir 30 tahun lalu dan sejak itu kami menjadi kolega, pesaing, dan sahabat, selama hampir separuh masa hidup kami,” kata Gates.

“Jarang sekali dunia melihat seseorang yang memiliki dampak mendalam seperti yang dimiliki Steve, pengaruhnya akan dirasakan generasi masa depan,” katanya seperti dilansir politico.com.

Ingin mendapatkan informasi menarik lainnya? kamu bisa dapatkan informasi menarik seputar teknologi dan dunia perkuliahan dengan mengunjungi website resmi INSTIKI pada link https://instiki.ac.id/ Selain beragam informasi menarik, kamu juga bisa mengetahui lebih banyak tentang INSTIKI. jadi tunggu apalagi yuk kunjungi website resmi INSTIKI.

INSTIKI yang terdahulu dikenal dengan STIKI Indonesia, kini telah bertransformasi menjadi Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI). INSTIKI adalah kampus IT, bisnis, dan desain terbaik di Bali dan Nusa Tenggara yang terakreditasi nasional dan tersertifikasi internasional.

INSTIKI sebagai kampus IT terbaik di Bali dan Nusa Tenggara membuka 4 program studi unggulan yakni Teknik Informatika, Sistem Komputer, Desain Komunikasi Visual, dan Bisnis Digital. Biaya kuliah di INSTIKI sangatlah terjangkau! Tertarik untuk kuliah di Bali alias melanjutkan studi di INSTIKI? Dapatkan informasi lebih lengkap tentang INSTIKI dan jurusan INSTIKI dengan mengakses https://instiki.ac.id/apply-now/

PENGUMUMAN LAINNYA