Jam Tidur Programmer, Valid Gak Nih?

Jam Tidur Programmer, Valid Gak Nih?

Banyak yang bilang tiada hidup tanpa begadang bagi seorang programmer. Banyak programmer tidak menampik mereka lebih nyaman ngoding pada malam hari. Mereka biasanya terlalu asyik depan komputer hingga larut malam.

Banyak yang merasa nyaman mengerjakan saat tengah malam hingga menjelang pagi hari. Alasannya malam hari suasana lebih tenang dibandingkan dengan siang hari dan tidak banyak ada gangguan.

Bahkan, ada mitos jam tidur programmer seperti gambar di bawah ini. Saking seringnya ngoding bahkan mereka tidak pernah ada di tempat tidur.

Memang sangat tidak baik apabila kamu yang seorang programmer atau mahasiswa Teknik Informatika memiliki jam tidur seperti itu. Bayangkan saja, waktu terbaik untuk istirahat adalah tidur saat malam hari. Tubuh yang seharusnya istirahat justru malah harus bekerja.

Oleh sebab itu, programmer rawan terkena stres dan mudah sakit. Nah, berikut ini ada sejumlah tips kelola stres untuk programmer.

Cari hobi di luar komputer

Bekerja di bidang komputer tidak harus selalu depan komputer. Cari hobi lain seperti olahraga, traveling, hiking, memancing atau kalau perlu sekalian aja coba smoothing atau rebonding. Cowok juga perlu dan nggak salah juga lho untuk merawat diri.

Hangout bareng teman

Ambil waktu beberapa jam untuk keluar kamar dan bertemu dengan temanmu. Tinggalkan sejenak rutinitas pekerjaanmu. Saat ngobrol usahakan jangan membahas topik seputar pekerjaan. Kamu bisa membahas topik yang menyenangkan, seperti seputar kenangan masa sekolah/kuliah, topik film/series, pertandingan olahraga.

Jangan membicarakan seseorang yang pergi dari kehidupanmu, seperti gebetan yang ghosting atau jangan bahas mantan pacarmu karena kamu justru stres. Mau hangout untuk hilangkan stres malah jadi stres karena bahas topik percintaan yang rumit. Lebih rumit dari bahasa pemrograman.

Bermain Game

Cara ini bisa mengatasi stres asal jangan kelamaan. Kamu juga perlu bermain game yang tidak menguras otak. Mainkan saja game yang simple.

Telepon orang yang kamu sayang

Tinggalkan meja dan kursi kerjamu sejenak kemudian Berbaringlah di tempat tidur dan telepon orang yang kamu sayang. Tapi cara ini ampuh kalau kamu punya pacar. Maaf.

Olahraga

Kamu bisa melakukan olahraga yang kamu sukai. Kemudian, lakukan variasi pada rutinitas olahraga itu agar tidak bosan menjalaninya. Olahraga yang bisa kamu lakukan adalah jalan kaki, yoga atau pergi ke gym.

Institut Bisnis dan Teknologi (INSTIKI) sebagai kampus IT di Bali paham betul bahwa olahraga itu penting. Oleh sebab itu, Kampus swasta terbaik di Bali ini menyediakan fasilitas gym di kampus. Olahraga memang bisa menyehatkan tubuh sekaligus menghilangkan stres.

Mahasiswa INSTIKI tentu akan menjadi profesional di bidang IT sehingga berpotensi terkena stres apabila tidak mampu menjaga pola hidup yang seimbang. Mahasiswa diberikan fasilitas olahraga sehingga dapat memiliki pola hidup yang seimbang antara belajar dengan olahraga.

INSTIKI yang merupakan kampus IT sekaligus technopreneur campus di Bali juga menyediakan fasilitas lain di kampus, seperti lapangan basket untuk mahasiswa berolahraga. Tak hanya itu, INSTIKI juga memiliki UKM lain di bidang olahraga yang dapat diikuti oleh mahasiswa seperti UKM Futsal, Voli dan badminton.

INSTIKI yang terdahulu dikenal dengan STIKI Indonesia, kini telah bertransformasi menjadi Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI). INSTIKI adalah kampus IT, bisnis, dan desain terbaik di Bali dan Nusa Tenggara yang terakreditasi nasional dan tersertifikasi internasional.

INSTIKI adalah kampus swasta di Bali yang membuka 4 program studi unggulan yakni Teknik Informatika, Sistem Komputer, Desain Komunikasi Visual, dan Bisnis Digital. Biaya kuliah di INSTIKI sangatlah terjangkau! Tertarik untuk kuliah di Bali alias melanjutkan studi di INSTIKI? Dapatkan informasi lebih lengkap tentang INSTIKI dan jurusan INSTIKI dengan mengakses https://instiki.ac.id/apply-now/

 

PENGUMUMAN LAINNYA