Ingat! Coding Bukan Sekadar Menghafal Syntax

Ingat! Coding Bukan Sekadar Menghafal Syntax

Programmer dan bahasa pemrograman ibarat sahabat sejati. Dalam membuat program pasti membutuhkan yang namanya bahasa pemrograman. Untuk menjadi seorang programmer banyak yang masih terpaku bahwa coding harus mampu menghafal syntax.

Dari segi penggunaan bahasa syntax biasa juga disebut sebagai sintaks, dapat diartikan sebagai aturan yang harus dipenuhi. Maksud adanya syntax adalah bertujuan agar kode atau script yang ditulis dan dimengerti oleh komputer.

Nah, sebenarnya adalah sejumlah hal yang harus diutamakan ketimbang pusing menghafal syntax. Berikut ini cara belajar bahasa pemrograman selain menghafal syntax. Berikut langkah-langkahnya seperti dilansir dari makinrajin.com:

Gunakan algoritma

Kamu tidak perlu hanya sibuk menghafalkan tanpa tahu arti dan maksud dari perintah-perintah dari bahasa pemrograman. Perlu diingat apabila kamu masih menerapkan cara menghafal tanpa konsep maka tidak akan bisa mahir. Oleh sebab itu, gunakan algoritma.

Algoritma ibarat basic dalam bahasa pemrograman. Kamu harus paham dari setiap baris bahasa pemrograman. Maka jangan hanya fokus pada bagaimana menghafal tetapi harus paham syntax. Tujuan memahami adalah bisa memahami asal-usul peletakan syntax.

Algoritma ibarat jembatan yang menghubungkan satu masalah dengan logika. Konsep itu mengubah sebuah permasalahan menjadi objek yang bisa diterima dengan logika. Tetapi metode menghafalkan itu bisa membuat kamu terpaku dan mematikan logikamu. Terutama pada bahasa pemrograman.

Pilih tujuan

Setelah kamu menanamkan konsep algoritma dan logika pemrograman, sekarang kamu mau menentukan mau jadi programmer yang seperti apa. Untuk mampu belajar bahasa pemrograman dengan mudah dan efektif kamu wajib punya tujuan.

Latihan

Untuk jago coding memang dibutuhkan latihan yang rutin dan gigih. Nah, dibandingkan fokus pada menghafal syntax lebih baik kamu fokus pada bagaimana menghafal syntax. Lewat latihan yang rajin kamu akan terbiasa mengetikkan perintah bahasa pemrograman.

Konsisten dan fokus

Dalam hal apapun memang sangat dibutuhkan adalah konsisten dan fokus. Belajar bahasa pemrograman bukan sekali jalan namun membutuhkan waktu. Saat belajar bahasa pemrograman yang dibutuhkan adalah konsisten dan fokus.

Temukan tempat belajar yang tepat

Untuk bisa mahir coding agar bisa menjadi seorang programmer mahir yang kamu butuhkan adalah menemukan tempat belajar yang tepat. Bagi kamu yang baru lulus SMA mungkin perlu mempertimbangkan untuk kuliah dengan mengambil jurusan yang bisa mewujudkan keinginanmu tersebut.

Institut Bisnis dan Teknologi (INSTIKI) merupakan Kampus IT terbaik di Bali dan Nusa Tenggara yang memiliki program studi Teknik Informatika dan Sistem Komputer. Untuk program studi Sistem Komputer, INSTIKI sebagai kampus swasta di Bali memiliki visi menjadikan program studi yang membentuk sarjana komputer yang memiliki kemampuan memanfaatkan teknologi sistem cerdas dan sistem digital untuk mendukung perkembangan industri pariwisata berwawasan budaya.

Sementara itu, Teknik Informatika di kampus IT terpopuler di Bali ini memiliki visi menjadikan Program Studi yang membentuk sarjana komputer di bidang teknik informatika, dengan kemampuan mengolah serta menganalisa sistem informasi, multimedia, dan memanfaatkan teknologi terkini dalam mendukung perkembangan industri pariwisata berwawasan budaya.

INSTIKI yang terdahulu dikenal dengan STIKI Indonesia, kini telah bertransformasi menjadi Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI). INSTIKI adalah kampus IT, bisnis, dan desain terbaik di Bali dan Nusa Tenggara yang terakreditasi nasional dan tersertifikasi internasional.

INSTIKI membuka 4 program studi unggulan yakni Teknik Informatika, Sistem Komputer, Desain Komunikasi Visual, dan Bisnis Digital. Biaya kuliah di INSTIKI sangatlah terjangkau! Tertarik untuk kuliah di Bali alias melanjutkan studi di INSTIKI? Dapatkan informasi lebih lengkap tentang INSTIKI dan jurusan INSTIKI dengan mengakses https://instiki.ac.id/apply-now/

PENGUMUMAN LAINNYA