Dear Anak Desain, Sudah Tahu Belum Perbedaan Typeface dan Font?

Dear Anak Desain, Sudah Tahu Belum Perbedaan Typeface dan Font?

Untuk kamu anak desain pasti sudah tidak asing dengan istilah typeface dan font. Namun, masih banyak yang menganggap typeface adalah font. Padahal keduanya memiliki pengertian yang berbeda.

Dilansir kelasdesain, typeface adalah rancangan karakter dari sekumpulan huruf. Typeface merupakan “perwajahan” yang membentuk karakteristik suatu kumpulan huruf sehingga membedakannya dengan jenis huruf yang lain.

Sementara, font adalah suatu kumpulan lengkap dari huruf, angka, simbol, atau karakter yang memiliki ukuran dan karakter tertentu.

Secara sederhana, Typeface bisa disebut sebagai entitas, yakni perwajahan, karakteristik, keunikan, dan perbedaan yang terbentuk di dalam rancangan karakter huruf. Sedangkan font bisa disebut sebagai kuantitas, yakni bobot, massa, dan jumlah dari serangkaian karakter huruf.

Tidak semua typeface bisa disebut font, misalnya typeface yang dirancang hanya sebagian huruf untuk keperluan logo. Sebaliknya, tidak juga semua font bisa disebut typeface, font jenis dingbat (ornamen dan karakter) misalnya, Karena bukan merupakan rancangan huruf.

Typeface untuk Logo

Font jenis Dingbat

Analogi sederhana dan menarik disampaikan oleh Nick Sherman mengenai perbedaan typeface dan font yang menyebutkan “The way I relate the difference between ‘typeface’ and ‘font’ to my students is by comparing them to “‘songs’ and ‘MP3s’”.

Mengutip dari kreativv.com, jenis-jenis typeface berkarakter yang punya karakteristik desain yang serupa bisa dijumpai pada Roboto, Helvetica dan juga Times New Roman. Dalam keluarga Roboto, ada typeface Roboto Condensed, Roboto Mono serta Roboto Slab. Pada keluarga Helvetica, kamu bisa menemukan beberapa variasi yang karakteristiknya hampir mirip, yakni Helvetica Neue, Swiss 721 BT dan Helvetica World.

Berbeda dengan typeface, font merupakan kumpulan format lengkap dari jenis-jenis huruf, simbol, angka, bentuk dan karakter model yang memiliki ukuran serta karakteristik khusus di dalam software atau suatu program.

Font adalah segalanya tentang weight (berat), style (gaya), size (ukuran) dan effect (efek) dari jenis typeface tertentu. Biasanya masing-masing typeface juga menyertakan font apa saja yang ada di dalamnya.

Sebagai contoh, untuk typeface Helvetica yang punya sebanyak 51 font dengan style, size dan weight yang bermacam-macam. Cara sederhana membedakannya adalah Times New Roman merupakan typeface, sementara font-nya adalah Times New Roman regular italic. Intinya, typeface adalah font family dan font dengan semua style adalah anggota di dalam keluarga typeface.

Contoh lain dari font style yang perlu diketahui adalah Regular, Italic, Bold, Black dan Conceded. Sekadar mengingatkan, saat ini dalam dunia web development, istilah typeface sebenarnya sudah diganti dengan istilah yang lebih umum, yakni font family.

Nah demikian perbedaan antara Typeface dan Font. Semoga bisa membantu untukmu yang ingin terjun ke dunia desain profesional. Untuk bisa terjun ke dunia desain secara profesional tentu kamu membutuhkan tempat belajar yang tepat. Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI) yang merupakan Kampus IT di Bali memiliki program studi Teknik Informatika yang memiliki peminatan Desain Grafis dan Multimedia.

INSTIKI yang merupakan kampus IT sekaligus technopreneur campus di Bali juga merupakan kampus yang siap membantu mahasiswa untuk menjadi technopreneur. Kamu bisa bergabung menjadi bagian dalam Inkubator Bisnis INSTIKI.

Ingin mendapatkan informasi seputar dunia perkuliahan? Dapatkan informasi lebih lengkap seputar dunia perkuliahan dan INSTIKI dengan mengakses https://instiki.ac.id/

INSTIKI yang terdahulu dikenal dengan STIKI Indonesia, kini telah bertransformasi menjadi Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI). INSTIKI adalah kampus IT, bisnis, dan desain terbaik di Bali dan Nusa Tenggara yang terakreditasi nasional dan tersertifikasi internasional.

INSTIKI adalah kampus swasta di Bali yang membuka 4 program studi unggulan yakni Teknik Informatika, Sistem Komputer, Desain Komunikasi Visual, dan Bisnis Digital. Biaya kuliah di INSTIKI sangatlah terjangkau! Tertarik untuk kuliah di Bali alias melanjutkan studi di INSTIKI? Dapatkan informasi lebih lengkap tentang INSTIKI dan jurusan INSTIKI dengan mengakses https://instiki.ac.id/apply-now/

PENGUMUMAN LAINNYA