Sepanjang 2021, Dosen STIKI Hasilkan 71 Penelitian di 8 Bidang Unggulan & Kompetitif

Tugas seorang dosen tidak hanya melakukan pengajaran. Dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi, ada tiga poin yang harus dilakukan oleh dosen. Selain melakukan pendidikan dan pengajaran, dosen harus melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Dosen STMIK STIKOM Indonesia (STIKI) sudah mengikuti tiga kewajiban tersebut. Dalam bidang penelitian, dosen STIKI Indonesia terbilang produktif.

Kepala Bagian Penelitian Eksternal Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) STIKI Indonesia, Ida Bagus Gede Sarasvananda, M.Cs menjelaskan sepanjang tahun 2021, dosen STIKI Indonesia telah menghasilkan 71 Penelitian. Seluruh penelitian masuk dalam kategori bidang unggulan dan bidang kompetitif sesuai dengan RIP/RENSTRA STIKI Indonesia.

“Termasuk bidang unggulan, yaitu bidang: Sistem Korporat Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), Sistem Cerdas, Komputer dan Jaringan, Media Informasi dan Pembelajaran,” katanya saat dihubungi, Senin (6/9/2021).

Penelitian yang dilakukan oleh dosen STIKI Indonesia masuk pula dalam bidang kompetitif lainnya, yaitu bidang Media Komunikasi Visual, Ekonomi, Sains Terapan dan Pengelolaan Sumber Daya Manusia.

Meski di tengah hambatan akibat dampak Pandemi COVID-19 tak menghalangi dosen STIKI Indonesia untuk tetap produktif melakukan penelitian.

“Walaupun di tengah keterbatasan karena pandemi, bukan menjadi penghalang untuk tetap produktif dalam melakukan penelitian. Hal tersebut dapat dilihat dari keberhasilan beberapa dosen STIKI yang lolos dalam hibah bersaing dari Kementerian maupun Internal PT,” katanya.

kampus IT di bali, kuliah di bali, kampus swasta di bali

Dia menjelaskan produktivitas penelitian yang dilakukan oleh dosen STIKI Indonesia memerlukan sejumlah langkah dan berkat koordinasi dengan lembaga lain di kampus yang memiliki semangat ‘Menjadi dan Memberi’ ini. Salah satunya adalah bekerjasama dengan Lembaga Penjaminan Tenaga Pengajar & Kependidikan (LPTPK).

“Seperti mengadakan acara Coaching Clinic penulisan proposal penelitian dan pengabdian dengan mendatangkan narasumber Reviewer Nasional sebagai pembicaranya,” jelasnya.

Coaching Clinic dan kegiatan serupa perlu dilakukan agar terus mendorong dosen-dosen di STIKI Indonesia untuk terus dapat bersaing mendapatkan hibah dari Kementerian mau pun hibah dari internal.

Penelitian yang membanggakan yang diraih oleh dosen STIKI Indonesia adalah STIKI menerima pendanaan penelitian di perguruan tinggi non badan hukum tahun anggaran 2021 untuk skema Penelitian Terapan Unggulan Perguruan Tinggi (PTUPT). Penelitian berjudul Model Smart Business: Pengembangan Business Intelligence System Pada Industri Ritel di Bali.

Penelitian ini disusun oleh tiga dosen STIKI Indonesia, di antaranya adalah Ni Luh Wiwik Sri Rahayu G, S.Kom.,M.Kom, Wayan Gede Suka Parwita, S.Kom.,M.Cs dan I Made Dwi Putra Asana, S.Kom., M.T.

Dalam lampiran dari Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional untuk hibah tahun anggaran 2021, STIKI Indonesia menjadi satu-satunya kampus swasta IT di Bali yang menerima hibah untuk skema PTUPT.

Selain itu, Lima Proposal Dosen STIKI Indonesia berhasil lolos seleksi Kegiatan Riset Kebencanaan “Ideathon Bali Kembali”. Lima proposal STIKI Indonesia masuk ke dalam 50 proposal yang lolos dan diumumkan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pada (27/4/2021).

Kepala LPPM STIKI Indonesia, Ida Bagus Ari Indra Iswara, M.Kom menjelaskan STIKI Indonesia pada awalnya mengajukan 22 proposal. Dari jumlah tersebut yang berhasil lolos sebanyak lima proposal. Lima proposal yang lolos menjadikan STIKI Indonesia sebagai satu-satunya kampus IT di Indonesia terbanyak dalam meloloskan proposal untuk Ideathon tahun 2021.

INSTIKI yang terdahulu dikenal dengan STIKI Indonesia, kini telah bertransformasi menjadi Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI) per 2 Februari 2022. INSTIKI adalah kampus IT, bisnis, dan desain terbaik di Bali dan Nusa Tenggara yang terakreditasi nasional dan tersertifikasi internasional. Jadi tunggu apalagi, jadilah salah satu bagian civitas INSTIKI dan raih impiahmu di sini!

INSTIKI adalah kampus swasta di Bali yang memiliki 4 program studi unggulan yakni Teknik Informatika, Sistem Komputer, Desain Komunikasi Visual, dan Bisnis Digital. Biaya kuliah di INSTIKI sangatlah terjangkau! Tertarik untuk kuliah di Bali alias melanjutkan studi di INSTIKI? Di INSTIKI, kamu juga bisa Kuliah sambil Kerja di Bali lho! Temukan informasi menarik dan terkini lainnya hanya di Website INSTIKI.

PENGUMUMAN LAINNYA