Jangan Kaget, Ini Kebiasaan di Kuliah yang Dirasakan Mahasiswa Baru

Jangan Kaget, Ini Kebiasaan di Kuliah yang Dirasakan Mahasiswa Baru

Dunia perkuliahan memang berbeda dengan dunia sekolah. Banyak kebiasaan baru yang tidak didapat selama tiga tahun duduk di bangku sekolah. Selain tidak perlu lagi pakai seragam setiap hari, menjadi mahasiswa juga banyak kebiasaan baru yang jarang bahkan tidak ada di sekolah.

Apa saja kebiasaan baru dalam proses belajar di bangku kuliah? Simak uraiannya berikut ini dikutip dari zonamahasiswa.id:

Selalu ada presentasi

Biasanya saat di sekolah nggak terlalu sering melakukan presentasi tugas. Biasanya saat di sekolah kamu hanya diminta membuat tugas dengan ditulis di buku lalu dikumpulkan ke guru. Namun, saat di bangku kuliah kamu akan diminta dosen untuk mempresentasikan tugas atau materi yang kamu kerjakan. Oleh sebab itu, saat kuliah kamu secara tidak langsung akan melatih skill komunikasimu.

Hampir setiap mata kuliah ada tugas kelompoknya

Saat di bangku kuliah hampir semua dosen akan memintamu untuk membentuk kelompok dalam mengerjakan tugas. Hal ini dilakukan karena tugas kuliah yang diberikan biasanya tidak akan mudah apabila dikerjakan seorang diri. Hal ini juga sekaligus melatih kemampuanmu dalam bekerja secara kelompok.

Tidak dapat buku kuliah

Kalau dulu saat di sekolah setiap murid akan diminta untuk membeli buku oleh hampir setiap guru. Berbeda dengan saat perkuliahan, dosen biasanya akan memintamu untuk mencari buku yang dibutuhkan.

Saat dosen berhalangan hadir

Hayo ngaku! Saat guru berhalangan hadir ke sekolah biasanya jam pelajaran akan kosong. Hal ini biasanya dimanfaatkan oleh murid untuk bermain di kelas atau menjadi kesempatan untuk pergi ke kantin.

Nah, saat kuliah ketika dosen berhalangan hadir akan memberitahu jadwalnya di hari tersebut dan menggantikannya ke jam kelas di hari lain. Terkadang kuliah pengganti ini suka bentrok dengan jadwal mata kuliahmu yang lain.

Buat kamu yang menjadi mahasiswa baru semoga bisa mendapatkan pengetahuan baru sebelum memulai statusmu menjadi seorang mahasiswa. Kebiasaan di dunia perkuliahan tersebut nantinya akan membantumu setelah lulus. Seperti kemampuan berkomunikasi, kemampuan beradaptasi, kerjasama dan kolaborasi hingga public speaking.

Kebiasaan di atas termasuk ke dalam soft skill. Tahukah kamu softskill juga harus dikuasai untuk dunia kerja. iCIMS Hiring Insights (2017) menemukan bahwa “94 persen dari perekrut profesional percaya bahwa seorang karyawan dengan soft skill yang lebih kuat memiliki kesempatan yang lebih baik untuk dipromosikan ke posisi kepemimpinan daripada seorang karyawan dengan pengalaman bertahun-tahun tetapi soft skill-nya yang lemah.”

Maka menjadi sangat penting untuk menguasai soft skill bagi kamu yang ingin memiliki karier yang bagus saat bekerja atau bagi kamu yang ingin terjun ke dunia bisnis.

Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI) yang merupakan kampus IT di Bali memiliki kurikulum yang juga fokus pada pengembangan soft skill. Maka, INSTIKI yang merupakan kampus swasta di Bali paham betul setiap mahasiswa tidak hanya cukup menguasai hard skill semata.

INSTIKI yang merupakan kampus IT terpopuler di Bali menawarkan konsep kuliah modern sesuai standar dunia bisnis. Sebagai Kampus IT di Bali, tentu didukung fasilitas komputer tercanggih, serta kombinasi teori dan praktek. Disusun berdasarkan tiga kompetensi yang dibutuhkan dalam dunia kerja:

Knowledge

Menyajikan materi pembelajaran yang mengacu pada teori akademis terdepan, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta kondisi perubahan pasar.

Skill

Materi mendukung potensi dan kompetensi teknis; seperti manajemen dan organisasi, personality development, entrepreneurship, salesmanship, dan pembekalan bahasa asing.

Attitude

Membentuk kepribadian yang tangguh, berintegritas, mandiri, proaktif, pantang menyerah, dan memiliki semangat belajar yang tinggi.

Bagi kamu yang baru atau akan lulus SMA dan tidak tinggal di Bali dan berniat kuliah di Bali akan ada pula dapat manfaatnya apabila memilih INSTIKI sebagai tempat menimba ilmu. INSTIKI sebagai salah satu kampus swasta IT di Bali mengedepankan pula kurikulum berbasis budaya khususnya budaya Bali.

Ingin mendapatkan informasi lain seputar dunia perkuliahan? Dapatkan informasi lebih lengkap seputar dunia perkuliahan dan INSTIKI dengan mengakses https://instiki.ac.id/

INSTIKI yang terdahulu dikenal dengan STIKI Indonesia, kini telah bertransformasi menjadi Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI). INSTIKI adalah kampus IT, bisnis, dan desain terbaik di Bali dan Nusa Tenggara yang terakreditasi nasional dan tersertifikasi internasional.

INSTIKI adalah kampus swasta di Bali yang membuka 4 program studi unggulan yakni Teknik Informatika, Sistem Komputer, Desain Komunikasi Visual, dan Bisnis Digital. Biaya kuliah di INSTIKI sangatlah terjangkau! Tertarik untuk kuliah di Bali alias melanjutkan studi di INSTIKI? Dapatkan informasi lebih lengkap tentang INSTIKI dan jurusan INSTIKI dengan mengakses https://instiki.ac.id/apply-now/

PENGUMUMAN LAINNYA