The Cornell Method: Metode Mencatat Efektif Saat Ikut Kelas Online

The Cornell Method: Metode Mencatat Efektif Saat Ikut Kelas Online

Pandemi COVID-19 mengubah segala hal. Tak terkecuali dunia belajar dan mengajar yang kini diselenggarakan secara daring atau online. Metode belajar yang digunakan untuk belajar secara online adalah dengan menggunakan aplikasi meeting virtual.

Pengajar melakukan presentasi materi, tanya-jawab dan diskusi. Dalam proses belajar, pelajar maupun mahasiswa di Indonesia lebih sering mencatat materi yang diberikan. Namun, tentu mengalami perbedaan ketika mencatat belajar secara online dibandingkan dengan belajar offline.

Times Higher Education menyebutkan mengikuti kelas online perlu kedisiplinan dalam mencatat dan membaca ulang materi.

Dilansir idntimes.com, ada salah satu teknik bagi kamu yang ingin mencatat materi dengan efektif. Teknik ini adalah The Cornell Method yang merupakan metode berfokus pada bagaimana membuat catatan menjadi kumpulan rangkuman yang mudah dipahami. Dengan menggunakan ini, poin-poin utama, detil, kata kunci dan ringkasan ditulis di satu tempat.

Sebelum menerapkan metode ini, bagi lembar catatan kamu menjadi tiga bagian yang berbeda ukuran. Bagian kiri berukuran kecil untuk menulis kata kunci, bagian kanan berukuran lebih besar untuk catatan utama, dan bagian bawah untuk menulis ringkasan.

Bagian catatan utama digunakan untuk mencatat selama kelas berlangsung. Bagian kiri digunakan untuk menulis kata kunci ketika kamu me-review kembali catatan, dan bagian bawah untuk meringkas keseluruhan catatan.

Selain The Cornell Method, ada sejumlah metode lain yang bisa kamu coba untuk mencatat dengan efektif saat mengikuti kelas online. Berikut uraiannya dikutip dari idntimes.com:

The Mapping Method

Cara ini berguna bagi kamu yang lebih nyaman belajar secara visual atau visual learner. Melalui metode mapping, catatan dikelompokkan berdasarkan topik-topik tertentu, yang kemudian dijabarkan lagi ke dalam sebuah sub topik dengan penjelasan yang lebih mendetail. Bentuknya menyerupai grafik atau diagram.

Untuk menerapkan metode ini, langkah pertama yang harus dilakukan adalah menuliskan terlebih dahulu topik utama materi yang sedang dipelajari. Kemudian, lanjutkan dengan menjabarkan detail topik tersebut ke dalam bagian subtopik. Beri catatan kecil atau kata kunci yang penting di setiap subtopik. Lanjutkan pola tersebut untuk topik-topik berikutnya.

The outlining method

Mirip dengan mapping method, metode ini fokus pada topik dan subtopik namun dalam bentuk poin-poin. Untuk menggunakan metode ini, tuliskan terlebih dahulu topik utama materi yang sedang dibahas. Kemudian, buat paragraf yang lebih menjorok ke dalam dengan bullet point dan jabarkan detail topik utama.

Pola ini terus dilanjutkan pada topik-topik berikutnya. Metode outlining dapat membuat catatan terlihat lebih rapi dan ringkas, serta mudah dipahami.

The charting method

Metode ini berguna untuk mencatat materi yang relatif banyak. Materi yang dicatat menjadi lebih tertata dan mudah untuk dipahami kembali setelah kelas.

Langkah yang harus dilakukan untuk menggunakan metode ini juga cukup mudah. Lembar catatan dibagi menjadi beberapa kolom, dengan topik sebagai judul di setiap kolomnya. Buat kolom sesuai kebutuhan, kemudian mulailah mencatat dengan detail materi pada setiap topik di tiap kolom yang bersangkutan.

The sentence method

The sentence method merupakan salah satu metode yang paling umum dan mudah digunakan. Serupa dengan the outlining method, namun tiap bagian subtopik hanya diisi satu kalimat yang dapat mencakup kata kunci topik utama. Cara ini berguna untuk mencatat topik yang ringan.

Kuliah online memang tidak diinginkan oleh setiap mahasiswa. Semua orang juga ingin keadaan kembali seperti dahulu kala dapat bertatap muka tanpa takut dengan apa pun. Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI) yang merupakan Kampus IT di Bali masih menerapkan himbauan pemerintah terkait kuliah online. Sebagai kampus swasta di Bali, INSTIKI merupakan kampus yang patuh terhadap segala imbauan pemerintah.

Selain menerapkan kuliah online, INSTIKI juga telah berupaya membantu pemerintah dalam upaya menghambat penyebaran COVID-19 dengan menggelar vaksinasi massal bagi mahasiswa dan masyarakat. Vaksinasi massal digelar di kampus INSTIKI yang terletak di Jl Tukad Pakerisan No 97, Panjer, Denpasar Selatan. Vaksinasi Massal Tahap I digelar pada (5/6/2021) lalu. Vaksinasi Massal Tahap II digelar pada (6/9/2021).

INSTIKI yang terdahulu dikenal dengan STIKI Indonesia, kini telah bertransformasi menjadi Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI). INSTIKI adalah kampus IT, bisnis, dan desain terbaik di Bali dan Nusa Tenggara yang terakreditasi nasional dan tersertifikasi internasional.

INSTIKI adalah kampus swasta di Bali yang membuka 4 program studi unggulan yakni Teknik Informatika, Sistem Komputer, Desain Komunikasi Visual, dan Bisnis Digital. Biaya kuliah di INSTIKI sangatlah terjangkau! Tertarik untuk kuliah di Bali alias melanjutkan studi di INSTIKI? Dapatkan informasi lebih lengkap tentang INSTIKI dan jurusan INSTIKI dengan mengakses https://instiki.ac.id/apply-now/

PENGUMUMAN LAINNYA