Mahasiswa Tingkat Akhir, Ini Skill Yang Harus Dimiliki Untuk Berkarier

Mahasiswa Tingkat Akhir, Ini Skill Yang Harus Dimiliki Untuk Berkarier

Menginjak status mahasiswa tingkat akhir sudah seharusnya memikirkan langkah selanjutnya, yaitu mencari pekerjaan. Saat memasuki dunia pekerjaan tidak hanya butuh hard skill yang didapat semasa kuliah. Kamu perlu punya sejumlah skill yang bisa kamu asah agar dapat bersaing dengan pelamar lain.

Berikut ini ada sejumlah tips bagi kamu mahasiswa tingkat akhir yang ingin menapaki karier. Berikut uraiannya seperti dikutip dari zonamahasiswa.id:

Mahir berbahasa asing

Dengan memiliki kemampuan berbahasa asing seperti bahasa Inggris maka peluang karier pun semakin terbuka lebar. Perusahaan besar mengutamakan merekrut karyawan yang memiliki kemampuan berbahasa asing.

Berpikir kreatif dan inovatif

Skill berpikir kreatif dan inovatif merupakan tantangan manusia dalam memasuki era modernitas dunia kerja. Cara mengasah skill ini adalah dengan banyak membaca, menonton, berdiskusi dan tidak takut mencoba.

Mampu menganalisis

Dunia kerja tentu beda dengan perkuliahan. Mahasiswa tingkat akhir harus mempersiapkan berbagai permasalahan yang terjadi. Maka, kemampuan analisis dan mampu memecahkan masalah harus dimiliki. Kalian juga harus mampu memiliki pola pikir kritis.

Jangan Gaptek

Hidup di era modern hampir seluruh pekerjaan melibatkan teknologi termasuk komputer. Maka, kamu wajib mampu mengoperasikannya. Sepertinya ini tidak masalah ya untuk anak IT.

Tips tersebut memang dibutuhkan bagi kamu yang ingin bersaing di dunia kerja. Ada fakta menarik bahwa perusahaan tidak hanya melihat hard skill yang dimiliki oleh pelamar. Namun, juga melihat soft skill dari pelamar.

Kamu punya nilai yang bagus saat kuliah akan percuma ketika tidak bisa menguasai soft skill. Hal ini juga dipengaruhi oleh perkembangan zaman. Saat ini, dunia kerja membutuhkan seseorang yang memiliki pemikiran kritis, komunikasi yang baik, rasa ingin tahu, kreatif, inovatif hingga memiliki jiwa kepemimpinan. Hal tersebut merupakan soft skill yang harus dipunya oleh profesional muda.

iCIMS Hiring Insights (2017) menemukan bahwa “94 persen dari perekrut profesional percaya bahwa seorang karyawan dengan soft skill yang lebih kuat memiliki kesempatan yang lebih baik untuk dipromosikan ke posisi kepemimpinan daripada seorang karyawan dengan pengalaman bertahun-tahun tetapi soft skill-nya yang lemah.”

Maka menjadi sangat penting untuk menguasai soft skill bagi kamu yang ingin memiliki karir yang bagus saat bekerja atau bagi kamu yang ingin terjun ke dunia bisnis.

INSTIKI yang merupakan kampus IT di Bali memiliki kesadaran bahwa hard skill dan soft skill memang harus dimiliki oleh tiap mahasiswa. Bagi kamu yang ingin kuliah di Bali harus tahu bahwa kurikulum INSTIKI yang merupakan kampus swasta di Bali ini menonjolkan soft skill untuk menunjang kemampuan business communication yang semakin dibutuhkan di era global.

Menawarkan konsep kuliah modern sesuai standar dunia bisnis didukung fasilitas komputer tercanggih, serta kombinasi teori dan praktek. Disusun berdasarkan tiga kompetensi yang dibutuhkan dalam dunia kerja:

Knowledge

Menyajikan materi pembelajaran yang mengacu pada teori akademis terdepan, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta kondisi perubahan pasar.

Skill

Materi mendukung potensi dan kompetensi teknis; seperti manajemen dan organisasi, personality development, entrepreneurship, salesmanship, dan pembekalan bahasa asing.

Attitude

Membentuk kepribadian yang tangguh, berintegritas, mandiri, proaktif, pantang menyerah, dan memiliki semangat belajar yang tinggi.

INSTIKI yang terdahulu dikenal dengan STIKI Indonesia, kini telah bertransformasi menjadi Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI). INSTIKI adalah kampus IT, bisnis, dan desain terbaik di Bali dan Nusa Tenggara yang terakreditasi nasional dan tersertifikasi internasional.

INSTIKI adalah kampus IT terbaik di Bali yang membuka 4 program studi unggulan yakni Teknik Informatika, Sistem Komputer, Desain Komunikasi Visual, dan Bisnis Digital. Biaya kuliah di INSTIKI sangatlah terjangkau! Tertarik untuk kuliah di Bali alias melanjutkan studi di INSTIKI? Dapatkan informasi lebih lengkap tentang INSTIKI dan jurusan INSTIKI dengan mengakses https://instiki.ac.id/apply-now/

PENGUMUMAN LAINNYA