Tips Belajar Dari Jerome Polin: Metode 50:10

Tips Belajar Dari Jerome Polin: Metode 50:10 (Gambar dari Mantappu Corp.)

Youtuber yang jago Matematika, berprestasi dan menjadi idola anak muda saat ini, Jerome Polin ternyata memiliki metode khusus yang efektif untuk belajar. Metode yang digunakan oleh pria yang sedang berkuliah di Jepang itu adalah metode belajar 50:10.

Metode 50:10 adalah 50 menit belajar dan 10 menit digunakan untuk istirahat. Hal ini perlu dilakukan karena belajar terlalu lama tidak baik untuk otak. Waktu 10 menit dapat digunakan untuk bersantai sejenak dan dapat bertujuan untuk menciptakan mood yang baik untuk belajar.

Metode ini perlu dicontoh bagi kamu yang sering dilanda kejenuhan saat belajar. Selain itu, ada sejumlah tips lain dari Jerome Polin agar belajar dapat efektif. Simak uraiannya seperti dikutip dari zonamahasiswa.id:

Buat target

Tips belajar seru dan efektif ala Jerome Polin, yaitu membuat target belajar. Sebaiknya menentukan target belajar dan skala prioritas pada buku atau catatan kecil. Hal ini agar Sobat Zona tidak bingung harus mempelajari apa.

Kemudian, tentukan target mengerjakan soal. Misalnya, dalam waktu 30 menit harus menyelesaikan setidaknya 40 soal dan begitu seterusnya. Sehingga, akan lebih produktif dan terbiasa mengerjakan soal-soal.

Reward atau Punishment

Tips belajar seru dan efektif ala Jerome Polin, yaitu reward atau punishment. Ibaratnya, jika Sobat Zona berhasil mencapai target atau melampauinya, maka memberikan hadiah bagi diri sendiri.

Sebaliknya, jika gagal, memberikan hukuman pada diri sendiri, misalnya dengan mengerjakan soal HOTS (High Order Thinking Skill). Metode ini agar kalian lebih disiplin dan rajin belajar, dan akhirnya terpacu untuk mencapai target.

Perbanyak Sumber Belajar

Selanjutnya yaitu, perbanyak sumber belajar. Jadi, jangan hanya terpusat pada guru atau buku saja, justru kalian sebagai pelajar harus kreatif dan berinisiatif tinggi.

Banyak sekali sumber belajar lain yang tersedia, seperti e-book, video belajar, dan lain sebagainya. Selain itu, banyak sekali layanan belajar online yang cukup digemari oleh para pelajar. Dengan begitu, ilmu yang kalian dapatkan semakin bertambah dan memudahkan dalam memahami materi.

Cari suasana baru

Mencari suasana baru sangat mendukung untuk meningkatkan semangat belajar. Apabila bosan belajar di rumah, sesekali kamu bisa mencoba belajar di perpustakaan atau cafe-cafe yang memiliki suasana tenang dan tidak terlalu ramai. Apabila tidak ingin keluar rumah, coba belajar di teras rumah apabila suasananya mendukung.

Cari komunitas belajar

Jangan ragu untuk mencari komunitas belajar, sebab menguntungkan kalian dan mendapatkan banyak relasi. Selain itu, juga mempermudah bila ada soal-soal yang sekiranya cukup sulit dipecahkan.

Komunitas belajar juga bisa menjadi tempat sharing atau bertukar pikiran. Sehingga, kalian bisa mengetahui metode belajar satu sama lain untuk bisa ditiru.

Berdoa sebelum belajar

Tips belajar seru dan efektif ala Jerome Polin yang terakhir, yaitu berdoa sebelum belajar. Karena, agar agar Sobat Zona diberikan kemudahan dan kelancaran ketika belajar dan ilmu yang didapatkan bermanfaat bagi kalian.

Tips lain apabila ingin bisa belajar dengan efektif mungkin bisa memilih tempat belajar yang tepat. Apabila kamu berencana mendaftar kuliah, mungkin bisa mempertimbangkan bergabung menjadi bagian dari INSTIKI yang merupakan kampus IT di Bali.

Mayoritas dosen di INSTIKI tergolong masih berusia muda. Tentu tidak berjarak usia yang jauh akan lebih memahami keluh kesah seorang mahasiswa.

Salah satu alumni INSTIKI yang merupakan kampus swasta di Bali, Asih Astiti bercerita: “Enaknya dosennya muda-muda jadi lebih ngertiin up and down mahasiswanya ya memahami karakter sifat remaja yang labil kayak kita. Bahkan saat bimbingan juga kayak bimbingan sama temen bukan kayak sama dosen, mereka juga kasih feedback enak kayak ngobrol sama temen aja,” ujar Asih yang kini bekerja sebagai Marketing di BPR Lestari.

INSTIKI yang berdiri sejak tahun 2008 memang berniat menjaga hubungan yang kekeluargaan yang erat dengan mahasiswa. Sebagai kampus swasta IT di Bali, INSTIKI ingin mahasiswa tidak hanya sekedar mencari ilmu.

Namun, berharap mereka dapat mengenang INSTIKI sebagai tempat belajar yang lekat dengan rasa kekeluargaan. INSTIKI berharap setiap lulusan sama seperti yang dirasakan oleh Asih. Memiliki ikatan kasih dan sayang meski sudah berpisah setelah lulus.

INSTIKI yang terdahulu dikenal dengan STIKI Indonesia, kini telah bertransformasi menjadi Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI). INSTIKI adalah kampus IT, bisnis, dan desain terbaik di Bali dan Nusa Tenggara yang terakreditasi nasional dan tersertifikasi internasional.

INSTIKI adalah kampus swasta di Bali yang membuka 4 program studi unggulan yakni Teknik Informatika, Sistem Komputer, Desain Komunikasi Visual, dan Bisnis Digital. Biaya kuliah di INSTIKI sangatlah terjangkau! Tertarik untuk kuliah di Bali alias melanjutkan studi di INSTIKI? Dapatkan informasi lebih lengkap tentang INSTIKI dan jurusan INSTIKI dengan mengakses https://instiki.ac.id/apply-now/

PENGUMUMAN LAINNYA